Renungan Harian Katolik, Sabtu, 04 juni 2022: Kehidupan Tersembunyi Yesus

redaksi - Sabtu, 04 Juni 2022 08:34
Renungan Harian Katolik, Sabtu, 04 juni 2022: Kehidupan Tersembunyi YesusIlustrasi: Injil Yoh. 21:25 (sumber: My Cactholic Life)

Ada juga banyak hal lain yang Yesus lakukan, tetapi jika ini harus dijelaskan satu per satu, saya tidak berpikir seluruh dunia akan memuat buku-buku yang akan ditulis. Yohanes 21:25

Bayangkan wawasan yang Bunda Terberkati akan miliki tentang Putranya. Dia, sebagai ibu-Nya, akan melihat dan memahami begitu banyak momen tersembunyi dalam hidup-Nya. Dia akan menyaksikan Dia tumbuh dari tahun ke tahun. 

Dia akan menyaksikan Dia berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain sepanjang hidup-Nya. Dia akan memperhatikan bahwa Dia sedang mempersiapkan pelayanan publik-Nya. 

Dan dia akan menyaksikan begitu banyak momen tersembunyi dari pelayanan publik itu dan momen sakral yang tak terhitung jumlahnya sepanjang hidup-Nya.

Ayat di atas adalah kalimat terakhir dari Injil Yohanes dan merupakan kalimat yang jarang kita dengar. Tapi itu menawarkan beberapa wawasan menarik untuk direnungkan.

Semua yang kita ketahui tentang kehidupan Kristus terkandung dalam Injil, tetapi bagaimana mungkin buku-buku Injil yang pendek ini bisa mendekati menggambarkan totalitas siapa Yesus? Mereka pasti tidak bisa. Untuk melakukan itu, seperti yang dikatakan John di atas, halaman-halaman itu tidak dapat dimuat di seluruh dunia. Itu mengatakan banyak.

Jadi pemahaman pertama yang harus kita ambil dari Kitab Suci ini adalah bahwa kita hanya mengetahui sebagian kecil dari kehidupan Kristus yang sebenarnya. Apa yang kita tahu adalah mulia. 

Tetapi kita harus menyadari bahwa ada lebih banyak lagi. Dan realisasi ini harus memenuhi pikiran kita dengan minat, kerinduan dan keinginan untuk lebih. Dengan mengetahui betapa sedikitnya yang sebenarnya kita ketahui, semoga kita akan terdorong untuk mencari Kristus lebih dalam.

Namun, pemahaman kedua yang dapat kita peroleh dari perikop ini adalah bahwa, meskipun banyak peristiwa dalam kehidupan Kristus tidak dapat dimuat dalam volume buku yang tak terhitung banyaknya, kita dapat, bagaimanapun, menemukan Yesus sendiri dalam apa yang terkandung dalam Kitab Suci. 

Tidak, kita mungkin tidak mengetahui setiap detail kehidupan-Nya, tetapi kita dapat datang untuk bertemu dengan Pribadi itu. Kita dapat menjumpai Firman Allah yang Hidup itu sendiri di dalam Kitab Suci dan, dalam perjumpaan dan pertemuan dengan-Nya itu, kita diberikan semua yang kita butuhkan.

Renungkan, hari ini, seberapa dalam Anda mengenal Yesus. Apakah Anda meluangkan cukup waktu untuk membaca Kitab Suci dan merenungkannya? Apakah Anda berbicara kepada-Nya setiap hari dan berusaha untuk mengenal dan mengasihi Dia? 

Apakah Dia hadir bagi Anda dan apakah Anda secara teratur membuat diri Anda hadir bagi-Nya? Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah “Tidak” maka mungkin ini adalah hari yang baik untuk berkomitmen kembali pada diri Anda sendiri untuk membaca Sabda Kudus Tuhan secara lebih mendalam.

Tuhan, aku mungkin tidak tahu segalanya tentang hidup-Mu, tapi aku ingin mengenal-Mu. Aku ingin bertemu dengan-Mu setiap hari, untuk mencintai-Mu dan mengenal-Mu. Bantu aku untuk masuk lebih dalam ke dalam hubungan dengan-Mu. Yesus, aku percaya pada-Mu.

Editor: redaksi

RELATED NEWS