Renungan Harian Katolik, Sabtu, 15 Oktober 2022: Inspirasi Saja Tidak Cukup

redaksi - Sabtu, 15 Oktober 2022 08:49
Renungan Harian Katolik, Sabtu, 15 Oktober 2022: Inspirasi Saja Tidak CukupSt Ignatius dari Antiokhia, sedang dicabik-cabik tubuhnya oleh singa buas. (sumber: My Catholic Life/www.katolikku.com)

Hari ini adalah peringatan wajib Santa Teresa a Vila, juga dipanggil Santa Teresa dari Yesus, dibaptis dengan nama Teresa Sanchez de Cepeda y Ahumada (28 Maret 1515 – 4 Oktober 1582) adalah seorang mistik, biarawati Karmelit dan penulis Anti Reformasi.

Yesus berkata kepada murid-muridnya: “Aku berkata kepadamu, setiap orang yang mengakui Aku di hadapan orang lain, Anak Manusia, akan mengakui di hadapan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa mengingkari Aku di depan orang lain, ia akan disangkal di hadapan malaikat-malaikat Allah.” Lukas 12:8-9

Salah satu contoh terbesar dari mereka yang mengakui Yesus sebelum orang lain adalah para martir.

Satu demi satu martir sepanjang sejarah memberikan kesaksian akan kasih mereka kepada Tuhan dengan memegang teguh iman mereka meskipun penganiayaan dan kematian.

Salah satu martir tersebut adalah St. Ignatius dari Antiokhia. Di bawah ini adalah kutipan dari surat terkenal yang ditulis St. Ignatius kepada para pengikutnya setelah dia ditangkap dan menuju kemartiran dengan diumpankan ke singa.

Dia menulis:

"Saya menulis surat kepada semua gereja agar diketahui bahwa saya dengan senang hati akan mati bagi Tuhan jika saja Anda tidak menghalangi saya.

Saya memohon kepada Anda: jangan tunjukkan kebaikan sebelum waktunya. Biarkan aku menjadi makanan bagi binatang buas, karena mereka adalah jalanku menuju Tuhan.

Aku adalah gandum Tuhan dan akan digiling oleh gigi mereka sehingga aku dapat menjadi roti murni Kristus.

Berdoalah kepada Kristus bagi saya agar hewan-hewan itu akan menjadi sarana untuk menjadikan saya korban kurban bagi Tuhan."

"Tidak ada kesenangan duniawi, tidak ada kerajaan di dunia ini yang dapat menguntungkan saya dengan cara apa pun.

Saya lebih suka kematian dalam Kristus Yesus daripada kuasa atas batas terjauh bumi. Dia yang mati menggantikan kita adalah satu-satunya objek pencarianku. Dia yang bangkit demi kita adalah satu-satunya keinginanku."

Pernyataan ini menginspirasi dan kuat, tetapi di sini ada wawasan penting yang dapat dengan mudah dilewatkan dalam membacanya.

Wawasannya adalah mudah bagi kita untuk membacanya, kagum dengan keberaniannya, membicarakannya kepada orang lain, percaya pada kesaksiannya, dll…tetapi tidak mengambil satu langkah lebih dekat untuk menjadikan iman dan keberanian yang sama ini sebagai milik kita.

Sangat mudah untuk berbicara tentang orang-orang kudus yang hebat dan terinspirasi oleh mereka. Tetapi sangat sulit untuk benar-benar meniru mereka.

Pikirkan tentang hidup Anda sendiri dalam terang bagian Injil dari hari ini. Apakah Anda dengan bebas, terbuka dan sepenuhnya mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Allah Anda di hadapan orang lain?

Anda tidak harus berkeliling menjadi semacam orang Kristen yang “di depan mata Anda”.

Tetapi Anda harus dengan mudah, bebas, transparan, dan sepenuhnya membiarkan iman dan kasih Anda kepada Tuhan bersinar, terutama ketika itu tidak nyaman dan sulit.

Apakah Anda ragu dalam melakukan ini? Kemungkinan besar Anda melakukannya.

Kemungkinan besar semua orang Kristen melakukannya. Oleh karena itu, St. Ignatius dan para martir lainnya adalah teladan yang baik bagi kita.

Tetapi jika mereka hanya menjadi contoh, maka keteladanan mereka saja tidak cukup. Kita harus menghidupi kesaksian mereka dan menjadi St. Ignatius berikutnya dalam kesaksian yang Tuhan panggil untuk kita jalani.

Renungkan, hari ini, apakah Anda hanya terinspirasi oleh para martir atau apakah Anda benar-benar meniru mereka.

Jika itu yang pertama, berdoalah agar kesaksian mereka yang mengilhami berdampak pada perubahan yang kuat dalam hidup Anda.

Tuhan, terima kasih atas kesaksian orang-orang kudus yang agung, terutama para martir. Semoga kesaksian mereka memampukan saya untuk menjalani kehidupan iman yang suci dengan meniru mereka masing-masing.

Saya memilih Anda, Tuhan yang terkasih, dan mengakui Anda, hari ini, di hadapan dunia dan di atas segalanya.

Beri saya rahmat untuk menjalani kesaksian ini dengan berani. Yesus, aku percaya pada-Mu.***  Sumber: My Catholic Life/www.katolikku.com

Editor: redaksi

RELATED NEWS