Renungan Harian Katolik, Selasa, 08 November 2022: Layanan Kristen

redaksi - Selasa, 08 November 2022 09:23
Renungan Harian Katolik, Selasa, 08 November 2022: Layanan KristenIlustrasi: Yesus dan para muridNya (sumber: My Catholic Life)

“Jika kamu telah melakukan semua yang diperintahkan kepadamu, katakanlah, ‘Kami adalah hamba yang tidak berguna; kami telah melakukan apa yang harus kami lakukan.'” Lukas 17:10

Ini adalah ungkapan yang sulit untuk diucapkan dan bahkan lebih sulit untuk benar-benar berarti ketika diucapkan.

Bayangkan konteks di mana sikap terhadap pelayanan Kristen ini harus diucapkan dan dihayati.

Misalnya, bayangkan seorang ibu yang menghabiskan hari membersihkan dan kemudian menyiapkan makanan keluarga.

Pada akhirnya, tentu menyenangkan untuk diakui atas kerja kerasnya dan berterima kasih untuk itu.

Tentu saja, ketika keluarga bersyukur dan mengakui layanan kasih ini, rasa terima kasih ini sehat dan tidak lain adalah tindakan kasih.

Adalah baik untuk bersyukur dan mengungkapkannya. Tetapi perikop ini bukan tentang fakta bahwa kita harus berusaha untuk bersyukur atas cinta dan pelayanan orang lain, melainkan tentang motivasi kita sendiri untuk melayani.

Apakah Anda melayani untuk berterima kasih? Atau apakah Anda memberikan layanan karena baik dan benar untuk melayani?

Yesus menjelaskan bahwa pelayanan Kristen kita kepada orang lain, baik dalam keluarga atau dalam konteks lain, terutama harus dimotivasi oleh tugas pelayanan tertentu.

Kita harus melayani karena kasih terlepas dari penerimaan atau pengakuan orang lain.

Bayangkan, kemudian, jika Anda menghabiskan hari Anda dalam suatu pelayanan dan pelayanan itu dilakukan karena kasih Anda kepada orang lain. Kemudian bayangkan bahwa tidak ada yang menyatakan terima kasih atas pekerjaan Anda.

Haruskah itu mengubah komitmen Anda terhadap layanan? Haruskah reaksi, atau kurangnya reaksi, dari orang lain menghalangi Anda untuk melayani seperti yang Tuhan ingin Anda layani? Tentu tidak.

Kita harus melayani dan memenuhi tugas Kristen kita hanya karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan dan karena itulah yang Tuhan inginkan dari kita.

Renungkan, hari ini, motivasi Anda untuk melayani orang lain dengan penuh kasih. Cobalah untuk mengucapkan kata-kata Injil ini dalam konteks kehidupan Anda.

Mungkin sulit pada awalnya, tetapi jika Anda dapat melayani dengan pikiran bahwa Anda adalah "pelayan yang tidak berguna" dan bahwa Anda tidak melakukan apa pun selain dari apa yang "wajib Anda lakukan", maka Anda akan menemukan bahwa amal Anda menjadi lebih baik. kedalaman baru.

Tuhan, tolonglah aku untuk melayani dengan bebas dan sepenuh hati karena cinta kepada-Mu dan orang lain. Bantu saya untuk memberikan diri saya terlepas dari reaksi orang lain dan untuk menemukan kepuasan dalam tindakan cinta ini saja. Yesus, aku percaya pada-Mu. **** (Sumber: www.katolikku.com).

RELATED NEWS