Renungan Harian Katolik, Selasa, 11 Oktober 2022: Membersihkan Hati Anda

redaksi - Selasa, 11 Oktober 2022 10:26
Renungan Harian Katolik, Selasa, 11 Oktober 2022: Membersihkan Hati AndaYesus dan orang-orang Farisi (sumber: My Catholic Life/www.katolikku.com)

Selasa Minggu Kedua Puluh Delapan Waktu Biasa, 11 Oktober 2022
Santo Yohanes XXIII, Paus—Peringatan Opsional

Tuhan berkata kepadanya, “Hai orang-orang Farisi! Meskipun Anda membersihkan bagian luar cangkir dan piring, di dalam Anda dipenuhi dengan jarahan dan kejahatan. Kamu bodoh!” Lukas 11:39-40a

Yesus terus-menerus mengkritik orang-orang Farisi karena terjebak dengan penampilan luar mereka dan mengabaikan kesucian jiwa mereka.

Tampaknya orang Farisi demi orang Farisi jatuh ke dalam perangkap yang sama. Kebanggaan mereka membuat mereka menjadi terobsesi dengan penampilan luar mereka tentang kebenaran.

Sayangnya, penampilan luar mereka hanyalah topeng dari “penjarahan dan kejahatan” yang memakan mereka dari dalam. Karena alasan itulah Yesus menyebut mereka “bodoh”.

Tantangan langsung dari Tuhan kita ini jelas merupakan tindakan kasih karena Dia sangat menginginkan agar mereka melihat apa yang ada di dalam untuk membersihkan hati dan jiwa mereka dari segala kejahatan.

Tampaknya, dalam kasus orang Farisi, mereka perlu dipanggil langsung karena kejahatan mereka. Ini adalah satu-satunya cara mereka akan memiliki kesempatan untuk bertobat.

Hal yang sama dapat terjadi pada kita semua pada waktu-waktu tertentu. Masing-masing dari kita dapat berjuang untuk menjadi jauh lebih peduli tentang citra publik kita daripada tentang kesucian jiwa kita.

Tapi apa yang lebih penting? Yang penting adalah apa yang Tuhan lihat di dalam. Tuhan melihat niat kita dan semua yang ada jauh di dalam hati nurani kita. Dia melihat motivasi kita, kebajikan kita, dosa kita, keterikatan kita, dan segala sesuatu yang tersembunyi dari mata orang lain. Kita juga diundang untuk melihat apa yang dilihat Yesus. Kita diundang untuk melihat jiwa kita dalam terang kebenaran.

Apakah Anda melihat jiwa Anda? Apakah Anda memeriksa hati nurani Anda setiap hari? Anda harus memeriksa hati nurani Anda dengan melihat ke dalam dan melihat apa yang Tuhan lihat melalui waktu doa dan introspeksi yang jujur.

Mungkin orang-orang Farisi sering membodohi diri mereka sendiri dengan berpikir bahwa jiwa mereka baik-baik saja.

Jika Anda melakukan hal yang sama pada waktu-waktu tertentu, Anda mungkin juga perlu belajar dari kata-kata Yesus yang tegas.

Renungkan, hari ini, pada jiwa Anda. Jangan takut untuk memandangnya dalam terang kebenaran dan melihat hidup Anda sebagaimana Tuhan melihatnya.

Ini adalah langkah pertama dan terpenting untuk menjadi benar-benar kudus. Dan itu bukan hanya cara untuk membersihkan jiwa kita, itu juga merupakan langkah penting untuk membiarkan kehidupan eksternal kita bersinar terang dengan cahaya kasih karunia Tuhan.

Tuhan yang Mahakudus, saya ingin menjadi kudus. Saya ingin dibersihkan terus menerus.

Bantulah aku untuk melihat jiwaku sebagaimana Engkau melihatnya dan untuk mengizinkan rahmat dan belas kasihan-Mu membersihkanku dengan cara-cara yang aku butuhkan untuk disucikan. Yesus, aku percaya pada-Mu.***

RELATED NEWS