Renungan Harian Katolik: Selasa Pekan Paskah VI, 24 Mei 2022: Datanglah Roh Kudus

redaksi - Senin, 23 Mei 2022 21:12
Renungan Harian Katolik: Selasa Pekan Paskah VI, 24 Mei 2022: Datanglah Roh KudusIlustrasi: Yesus naik surga (sumber: My Catholic Life)

“Tapi saya katakan yang sebenarnya, lebih baik bagi Anda bahwa saya pergi. Karena jika saya tidak pergi, Pengacara tidak akan datang kepada Anda. Tetapi jika saya pergi, saya akan mengirimnya kepada Anda. ”  Yohanes 16:7

Hati para Rasul gunda gulana dan terpecah. Mereka dipenuhi dengan kesedihan, tetapi mereka juga berusaha untuk mempercayai apa yang Yesus katakan kepada mereka. 

Yesus memberi tahu mereka bahwa Dia naik kepada Bapa-Nya dan bahwa lebih baik bagi mereka jika Dia pergi. Mengapa? Karena jika Dia pergi, Dia akan mengirimkan Roh Kudus kepada mereka.  

Pada tingkat manusia, akan sangat sulit bagi para Rasul untuk melepaskan interaksi sehari-hari mereka dengan Yesus. Mereka tentu rindu melihat-Nya dengan mata mereka, menyentuh-Nya dan mendengar-Nya. 

Tetapi Yesus menjelaskan bahwa meskipun Dia pergi, Dia akan selalu bersama mereka. Dan Dia juga akan mengirimkan Roh Kudus ke atas mereka untuk memimpin mereka, memberi mereka keberanian, dan mengajar mereka semua kebenaran. Mereka sekarang akan hadir di dunia oleh kuasa Roh Kudus.

Kami tidak pernah memiliki hak istimewa untuk melihat Yesus seperti yang dilakukan para Rasul. Tetapi kita memiliki hak istimewa yang sama yaitu Dia selalu bersama kita. 

Dan kita memiliki hak istimewa yang sama untuk menerima kepenuhan Roh Kudus. Ini bagus. Ini sangat bagus. Tapi ada kebaikan yang sering kita lewatkan. Kita mungkin telah dikonfirmasi, tetapi kita mungkin juga masih gagal untuk membiarkan Roh Kudus masuk dan mengubah hidup kita.  

Kurang dari dua minggu lagi, kita akan merayakan Hari Raya Pentakosta. Ini adalah perayaan tahunan penggenapan janji Yesus ini. Pada hari itu kita memperingati fakta bahwa Roh Kudus telah datang dan bahwa kita sekarang berada di zaman Roh Kudus.  

Renungkan, hari ini, dan selama beberapa minggu ke depan tentang Roh Kudus. Dengan rendah hati akui diri sendiri jika Anda perlu membiarkan Roh Kudus menjadi lebih hidup dalam hidup Anda. 

Percayalah bahwa Yesus ingin Anda menerima Dia dalam kepenuhan-Nya. Dan jangan takut untuk membiarkan persatuan ini terjadi.

Roh Kudus, tolong datanglah padaku. Bantu aku untuk mengobarkan kehadiran-Mu dalam hidupku. Semoga aku menerima Engkau yang dijanjikan Yesus dalam kepenuhan-Mu. Roh Kudus, Yesus Ilahi, Bapa yang Penyayang, aku percaya kepada-Mu.

RELATED NEWS