Renungan Harian Katolik, Senin, 27 Juni 2022: Siap dan Bersedia

redaksi - Senin, 27 Juni 2022 11:35
Renungan Harian Katolik, Senin, 27 Juni 2022: Siap dan BersediaIlustrasi Matius 8:19-20 (sumber: My Catholic Life)

Seorang ahli Taurat mendekat dan berkata kepada Yesus, "Guru, saya akan mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi." Matius 8:19

Ahli Taurat ini mengatakan hal yang benar kepada Yesus. Inilah sikap yang harus kita semua miliki terhadap Tuhan kita. Kita harus siap dan mau mengikuti Dia apapun yang terjadi. Namun, tanggapan Yesus terhadap ahli Taurat ini menarik. Dia berkata, “Rubah memiliki sarang dan burung di langit memiliki sarang, tetapi Anak Manusia tidak memiliki tempat untuk mengistirahatkan kepalanya” (Matius 8:20).

Apa yang kita ambil dari tanggapan ini? Tampaknya itu adalah cara Yesus berkata kepada ahli Taurat, "Apakah kamu benar-benar siap dan mau mengikuti Aku apa pun yang terjadi?"

 Dengan kata lain, Yesus ingin menggambarkan kepada ahli Taurat bahwa pilihan untuk mengikuti-Nya adalah komitmen untuk menempuh jalan yang berisiko hanya dalam arti mengikuti Yesus membutuhkan kepercayaan penuh kepada-Nya. 

Kita tidak akan diberitahu sebelumnya, ke mana Tuhan kita akan memimpin dan apa yang akan Dia minta dari kita. Sebaliknya, ketika kita tanpa ragu memilih untuk mengikuti Yesus, kita menaruh kepercayaan kita kepada-Nya sebagai pribadi dan mengatakan kepada-Nya bahwa kita menerima kehendak-Nya apa pun itu. 

Tingkat kepercayaan ini adalah kunci dari apa yang Yesus inginkan.

Renungkan, hari ini, atas dua hal. Pertama, renungkan kata-kata juru tulis ini dan tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda dapat dengan percaya diri mengatakannya dalam hidup Anda sendiri. 

Ucapkan itu berulang-ulang dan cobalah untuk membiarkannya berpindah dari kepala Anda ke hati Anda sebagai dekapan rencana Tuhan untuk hidup Anda. 

Kedua, renungkan efek dari respons semacam itu dalam kehidupan Anda sendiri. Apakah Anda bersedia untuk tidak hanya mengucapkan kata-kata ini tetapi juga merangkul semua yang mengikuti dari komitmen seperti itu? 

Apakah Anda bersedia untuk mempercayai Tuhan dengan seluruh hidup Anda? Berusahalah untuk membuat resolusi yang teguh ini dan resolusi ini akan membawa Anda ke jalan yang penuh sukacita.

Tuhanku yang dapat dipercaya, aku berkomitmen untuk mengikuti-Mu kemanapun Engkau pergi. Aku memilih kehendak-Mu yang paling suci di atas segalanya. 

Bantu aku untuk hidup dengan setia sesuai dengan kehendak ilahi-Mu dan untuk mengatakan "Ya" kepada-Mu setiap hari. Yesus, aku percaya pada-Mu. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS