RENUNGAN KATOLIK, Jumat, 27 Agustus 2021: "Ne forte non sufficiat nobis et vobis" Mat 25:9

redaksi - Jumat, 27 Agustus 2021 09:28
RENUNGAN KATOLIK, Jumat, 27 Agustus 2021: "Ne forte non sufficiat nobis et vobis" Mat 25:9Ilustrasi Injil Matius 25:1-13 (sumber: sesawi.net)

Pater Kons Beo, SVD


(Pekan Biasa XXI - Beato Dominikus Barberi, St Gebhardus, Sta Monika)

Bacaan I 1Tesalonika 4:1-8
Mazmur 97:1 2b.5-6.10.11-12
Injil Matius 25:1-13

"Ne forte non sufficiat nobis et vobis"
Mat 25:9
(Nanti tidak cukup untuk  kami dan untuk kalian)

MANUSIA itu makhluk sosial. Tak terbantakan. Hidup jadi bertumbuh dan berkembang karena 'ada sesama kita.'

DEMIKIAN halnya sesama. Mereka pun ada di jalur yang sama. Karena kehadiran dan peran kita yang bercitra, sesama pun dapat bangkit dalam hidup.  

JALINAN antar kita manusia itu membuat hidup itu dapat berkembang. Meluas. Bukan kah kita terlibat dalam kerjasama? Dan aktif dalam sekian banyak aksi solider?

NAMUN, bila kita sadari, ada saatnya di mana memang kita mesti 'pulang ke diri sendiri.' Itu berarti 'mengatur diri sendiri' adalah bagian penting di jalan hidup ini.

'ATUR diri sendiri' sama sekali tak berarti bahwa kita larut dalam arus ingat diri yang kental. Atau bahwa kita mengkhianati sifat dan aksi sosial. Tidak!

MENGAPA kita mesti repotkan dan apalagi susahkan sesama untuk sesuatu yang dapat dan bahkan wajib kita lakukan sendiri? Terkadang sekian banyak kesempatan terbuang dan berlalu begitu saja. Tak disikapi serius sebagai kiat menyongsong harapan, impian dan cita-cita.

KELIMA gadis bijaksana itu tak boleh disebut tak solider untuk ke lima yang bodoh. Sebab yang bijaksana itu tahu bagaimana harus mempersiapkan kisah yang akan datang!

BAGAIMANAPUN, dari ke lima gadis tak bijaksana itu ada alarm untuk kita renungkan. Pulang kepada diri sendiri, dan akrabi segala peristiwa hidup. Tak lupa, selalu ada persiapan untuk menyongsong HARI ESOK.

Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati
Amin

Editor: Redaksi

RELATED NEWS