RENUNGAN KATOLIK, Rabu, 15 September 2021: "Et ex illa hora accèpit eam discìpulus in sua" Yoh 19:27

redaksi - Rabu, 15 September 2021 22:02
RENUNGAN KATOLIK, Rabu, 15 September 2021: "Et ex illa hora accèpit eam discìpulus in sua" Yoh 19:27Maria Bunda Berdukacita dan Rasul Yohanes di bawah kaki Salib Yesus (sumber: Istimewa)

Oleh P Kons Beo SVD

Rabu, 15 September 2021
(Pekan Biasa XXIV - St Perawan Maria Berdukacita)

Bacaan I Ibrani 5:7-9
Mazmur 31:2-3a.3b-4.5-6.15-16.20
Injil Yohanes 19:25-27

"Et ex illa hora accèpit eam discìpulus in sua" Yoh 19:27
(Sejak saat itu murid itu menerima ibu Yesus di dalam rumahnya)

MARIA, Sang Ibu, telah kehilangan yang terindah. Anak, kekasihya. Dia telah telah jadi saksi akhir hidup tragis anaknya.

SUNGGUH! Maria adalah Bunda Berdukacita. Yang  tanpa daya mesti menyaksikan segala kekejian itu. Tanpa kata. Tiada daya.

DALAM kedukaannya ada hati yang terbuka menyambutnya. Untuk tinggal bersama. Agar kembali diteguhkan dari kesedihan tak terlukiskan.

KITA memang perlu buka hati lebar-lebar. Miliki rasa peduli. Agar yang terluka tersembuhkan. Yang sedih temukan kembali keceriahan.

HANYA dalam 'alam kaki Salib' kita sanggup melihat yang derita. Sanggup mendengar yang berteriak minta tolong. Penuh empati pada 'yang ketiadaan.'

BERTARUNGLAH untuk hilangkan rasa tak peduli. Buanglah kecenderungan melihat derita sesama cuma sekadarnya. Hanya dengan sebelah mata.

TERKADANG 'rumah hati  kita' terlalu sempit bagi sesama yang tak beruntung.  Yang tak miliki jaminan dan kepastian untuk ziarah hidup selanjutnya. Semoga hati kita berubah jadi 'sejuk segar' bagi sesama.

Verbo Dei Amorem Spiranti

Sta Maria, Bunda Berdukacita.
Doakanlah kami.
Tuhan memberkati

Amin

Editor: Redaksi

RELATED NEWS