RENUNGAN KATOLIK, Rabu, 18 Agustus 2021: "Ite et vos in vineam meam" Mat 20:7

redaksi - Rabu, 18 Agustus 2021 09:34
RENUNGAN KATOLIK, Rabu, 18 Agustus 2021: "Ite et vos in vineam meam" Mat 20:7Istrusasi: Pergilah kamu juga ke kebun anggurku (sumber: Teologia Reformed)

Oleh Pater Kons Beo SVD


(Pekan Biasa XX - Sta Helena, Sta Yohana Fransiska de Chantal)

Bacaan I Hakim-Hakim 9:6-15
Mazmur 21:2-3.4-5.6-7
Injil Matius 20:1-16

"Ite et vos in vineam meam" Mat 20:7
(Pergilah kamu juga ke kebun anggurku)

HIDUP seperti tak maju. Mandek. Tak berubah. Repotnya ketika keadaan mandek itu justru dinikmati.

TAK bekerja bisa jadi salah satu faktor penyebabnya. Hari-hari tanpa usaha, tanpa perjuangan atau tanpa buat apa-apa dialami begitu saja. Tanpa gelisah. Tiada kepanikan!

DUNIA butuh orang yang  berpikir dan bertindak kreatif. Tak sekedar agar dapat hidup dan bertahan hidup. Tetapi dalam kerja, orang menemukan citra dan wibawa diri sebagai manusia yang bekerja dan mencipta bersama Tuhan, Sang Pencipta.

NAMUN ada sekian banyak saudara kita yang dipaksa keadaan untuk tak berbuat. Tiada pekerjaan. Entah ke mana dan pada siapa mereka mesti berharap?

JIKA mungkin, panggillah siapapun untuk berbuat. Demi melakukan sesuatu. Ya, dalam satu kerjasama yang apik. Libatkan orang lain untuk juga bekerja.

PUN jika mungkin, ciptakanlah lapangan kerja bagi sesama-sesama kita. Demi hidup yang lebih maju dan berkembang.

MAKA kita bisa menjadi tahu apa sebenarnya, dalam tatanan praktis: Pergillah kamu juga ke kebun anggurku. Kerjasama, gotong royong, saling membantu adalah spirit sekaligus tindakan untuk hidup dan demi kehidupan itu sendiri.

Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati
Amin.

Editor: Redaksi

RELATED NEWS