RENUNGAN KATOLIK, Sabtu, 12 Juni 2021: "Vètera Transièrunt: Ecce Facta Sunt Omnia Nova" - 2Kor 5:17

redaksi - Sabtu, 12 Juni 2021 12:49
RENUNGAN KATOLIK, Sabtu, 12 Juni 2021: "Vètera Transièrunt: Ecce Facta Sunt Omnia Nova" - 2Kor 5:17Hati tersuci St. Perawan Maria (sumber: versodio.com)

Oleh P Kons Beo SVD


Pekan Biasa X - Hati Tersuci St Perawan Maria, 108 Martir Perang Dunia II, Beato Emil Szramek, St Yohanes dr Sahagun

Bacaan I 2Korintus 5:14-21
Mazmur 103:1-2.3-4.8-9.11-12
Injil Matius 5:33-37


(Yang lama telah berlalu, dan sungguh, yang baru sudah datang)

TAK boleh tinggal di tempat. Hidup adalah satu irama perjalanan. Bukan cuma berkenaan dengan gerak fisik. Tetapi merambah pada dinamika cara dan isi pikiran.

BANYAK hal yang menyumbat laju perjalanan hidup ini. Si bijak bilang, "Hati-hati dengan pikiran." Manusia bisa terjerat oleh pikiran yang tak karuan. Karenanya, virus kepikiran terus menghantui.

INI belum lagi bicara tentang gejolak rasa bagai taufan. Mungkin masih banyak hal yang tak enak di hati. Maka, hilanglah segala ceriah. Siapapun pasti tak hendak tertahan di alam suram.

RASUL Paulus bicara tegas tentang ciptaan baru. Segala sesuatu mesti berubah dalam pribadi, rahmat dan peristiwa Yesus. Dalam iklim ciptaan baru itu kita kembali belajar untuk menata  kehidupan itu.

BUNDA MARIA berikan jawaban lembut bernada tegas pada penyelenggaraan Allah. Oleh jawabannya, suasana dunia silam dan manusia  lama telah berlalu. Yang baru telah dimulai dalam Yesus.

KIRANYA kita berjalan kembali penuh harapan. Segala yang usang kita buang; semua yang kelam kita benam. Memandang masa  depan penuh harapan selalu butuh keberanian. Kata Tuhan 'Jika ya, katakan ya. Jika tidak, katakan tidak.' Semuanya mesti dalam Tuhan dan kehendakNya.

Verbo Dei Amorem Spiranti

Bunda Maria mendoakan.
Tuhan memberkati.
Amin.

RELATED NEWS