RENUNGAN KATOLIK, Selasa, 22 Juni 2021: "Omnia Ergo Quae Cumque Vultis ut Faciant Vobis Hòmines, et Vos Fàcite Illis" Mat 7:11

redaksi - Selasa, 22 Juni 2021 09:11
RENUNGAN KATOLIK, Selasa, 22 Juni 2021: "Omnia Ergo Quae Cumque Vultis ut Faciant Vobis Hòmines, et Vos Fàcite Illis" Mat 7:11 St. Thomas More, pengacara, filsuf sosial dan penasihat Raja Henry VIII, dan Tuan Kanselir Tinggi Inggris dari Oktober 1529 sampai 16 Mei 1532 (sumber: Wikipedia)

Oleh P Kons Beo SVD

(Pekan Biasa XII - St Paulinus dr Nola, St Thomas More, St Yohanes Fisher)

Bacaan I Kejadian 13:2.5-18
Mazmur 15:2-3ab.3cd-4ab.5
Injil Matius 7:6.12-14

Segala sesuatu yang kamu kehendaki diperbuat orang kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka

KITA pasti berharap diperlakukan baik. Terhadap kita, siapapun selalu berwajah manis nan tulus serta bersinar cerah ceriah.

KITA tak mau terluka oleh ulah sesama. Karena kita mau selalu diperlakukan nyaman dan serba diterima. Tanpa kesulitan apapun. Tiada hal yang merepotkan.

TETAPI, semuanya masih sebatas kehendak kita. Itulah impian dan kerinduan hati kita. Dan apakah semuanya tiba kenyataannya? Syukurlah bila sikap, perbuatan atau tindakan sesama berjalan sesuai harapan kita.

SAYANGNYA, dunia tak selamanya berwajah tulus penuh senyum. Maka, di situ alarm batin mesti disiapkan. Agar diri tak 'dikoyak-koyak' (cf Mt 7:6) oleh alam tak bersahabat. Irihati, dengki, penuh benci, sinis atau sikap angkuh sering tetap jadi 'sahabat setia dunia.'

YESUS sungguh menantang! Yang cuma sebatas harapan kita agar diperbuat oleh orang lain, haruslah dinyatakan oleh kita. Artinya, kitalah yang mesti menghayatinya.

TAK selamanya pada kenyataannya sesama berbuat baik terhadap kita. Tetapi adalah wajib bahwa kita mesti berbuat baik terhadap sesama. Dan hal ini sungguhlah berat,  namun 'indah di dalam Tuhan.'

RINGKASNYA, sikap tak sejuk sesama bukanlah halangan bagi kita untuk tetap berbuat baik. Dan lagi, sikap dan perbuatan baik kita tak boleh dimaksudkan agar kita diperlakukan baik sebagai balasannya!

SEPERTI halnya Cinta, perbuatan baik itu selalu tanpa syarat. Yesus, Tuhan dan Guru, memang selalu menantang! St Thomas Aquino punya keyakinan: Dalam keadaan buram bagaimanapun, orang baik dan tulus akan tetap baik dan tulus adanya.

Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati.
Amin.

RELATED NEWS