RESING, Kamis 02 September 2021: "Mereka Meninggalkan Segala Sesuatu dan Mengikuti Yesus"

redaksi - Kamis, 02 September 2021 09:19
RESING, Kamis 02 September 2021: "Mereka Meninggalkan Segala Sesuatu dan Mengikuti Yesus"RD Julius Cesar (sumber: Dokpri)

Oleh: RD Julias Cesar, Pastor Paroki  Sta. Maria Imaculata, Habi, Keuskupan Maumere

RESING (Renungan Singkat)
Kamis Pekan Biasa XXII

"Mereka Meninggalkan Segala Sesuatu dan Mengikuti Yesus"

Bacaan: Kolose 1:9-14 dan Lukas 5:1-11

Ketika membaca Injil hari ini, saya menemukan ada tiga point penting yang disampaikan oleh Lukas Pengarang Injil  tentang karya Yesus di tepi danau Genesaret, danau Galilea.

Bagian pertama, melukiskan pengajaran Yesus bagi orang banyak yang datang berbondong-bondong kepadaNya. Pengajaran yang diberikan Yesus itu, bukan terjadi di kelas atau rumah ibadat, bukan juga terjadi di tanah lapang atau di bukit, melainkan di tepi danau Genesaret. Pokok ajaran yang disampaikan oleh Yesus, tidak lain dan tidak bukan adalah Kerajaan Allah, Pertobatan dan juga pelayanan penyembuhan-penyembuhan bagi orang sakit, bisu, tuli, kerasukan setan dan roh jahat, baik sakit secara jasmani maupun secara rohani.

Bagian kedua, melukiskan perintah Yesus kepada Simon Petrus untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jala untuk menangkap ikan. Perintah ini dimaksudkan untuk memotivasi sekaligus menguji kesetiaan Petrus dan teman-temannya agar mulai bekerja lagi. Mereka mesti bersemangat lagi, tidak boleh menyerah kalah dengan keadaan, dan tidak boleh berputus asa bila berhadapan dengan tantangan hidup ini. Dan Yesus tahu bahwa Petrus dan teman-temannya itu adalah tipe nelayan-nelayan yang hebat dan tangguh. Cara Yesus memotivasi mereka akhirnya membuahkan hasil yang gilang-gemilang, di mana mereka dapat menangkap ikan dalam jumlah yang besar, sehingga jala mereka mulai koyak.

Bagian yang ketiga, melukiskan penetapan Simon Petrus sebagai penjala manusia atau penjala jiwa-jiwa. Penetapan ini membuat mereka dengan rela hati meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Yesus dengan penuh sukacita kasih. Di sini, semangat lepas bebas dari Petrus dan teman-temannya membuat mereka pun layak mendapat bagian dalam apa yang ditentukan bagi orang-orang kudus di dalam Kerajaan Allah. 

Kita sebagai murid Kristus di zaman ini diajak untuk selalu setia mendengarkan Yesus seperti orang banyak dan para muridNya, melaksanakan perintah Yesus tanpa terhimpit oleh rasa cape dan lelah, serta tekun mengikuti Yesus untuk memenangkan jiwa-jiwa yang malang. Sebab dengan demikian, kita pun akan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan bagi orang-orang kudus di dalam Kerajaan Allah. Amin.

Salam sukacita kasih dan salam bahagia selalu dalam Tuhan dari RD. Cesar Reda di Habi... 
Kamis, 2 September 2021
Amapu Benjer (GBU)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS