Robi Idong dari Paket Romantis Komit 100 Persen Warga Sikka Dapat Jaminan Kesehatan

redaksi - Minggu, 29 September 2024 12:11
Robi Idong dari Paket Romantis Komit 100 Persen Warga Sikka Dapat Jaminan Kesehatanrobi (sumber: mam)

MAUMERE (Floresku.com) –Fransiskus Roberto Diogo alias  Robi Idong, calon bupati Sikka periode 2024-2029 dari Paket Romantis menyatakan akan tetap melanjutkan program Kartu Sehat Sikka (KSS), meski ada kalangan yang mengeritik bahwa program tersebut ‘overprodutif’ dengan program BPJS Kesehatandan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Robi Idong bertekad  membuat 100 persen warga masyarakat Kabupaten Sikka mendapat Jaminan Kesehatan melalui 98 persen JKN-KIS dan 2 persen KSS.

“Itu berarti dari total jiwa 335.360 jiwa total penduduk Kabupaten Sikka, sebanyak  2 persen atau 6.707 jiwa itu akan menggunakan KSS,” ujarnya.

Robi Idong menjelaskan, KSS bagi warga Kabupaten Sikka akan akan berupa:

  • Bantuan Rujukan orang sakit
  • Bantuan Biaya Pemulangan Jenazah.
  • Dukungan Rumah Singgah Kebaikan Untuk Warga Kabupaten Sikka yang Membutuhkan Pelayan Kesehatan di Luar Kabupaten Sikka.
  • Membangun kerjasama secara pribadi dengan Yayasan Rumah Singgah agar rakyat kita terbantu baik operasi tumor / Kanker, operasi mata dan bantuan mata palsu, bantuan kaki palsu, bantuan tangan palsu, bantuan kaca mata, bantuan  sosial lainnya.
  • Pelayanan Kesehatan semakin baik dengan memperkuat akses layanan dan sarana-prasarana yang lebih memadai.

“Sementara itu sisanya yang 328.653 jiwa akan menggunakan JKN KIS dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Sikka maupun KIS Mandiri,” pungkasnya. 

Sebelumnya,  Pj Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, melalui Eurat Edaran, tertanggal 11 Juli 2024, Nomor: Dinsos 460/790/VII/2024 perihal: Integrasi KSS ke dalam program JKN BPJS Kesehatan meminta kepada seluruh Camat, Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Sikka untuk menyerahkan data berupa KSS, warganya paling lambat 31 Juli 2024 . 

KSS tersebut diserahkan kepada Dinas sosial Kabupaten Sikka untuk dilakukan proses verifikasi dan validasi.

Bagi pemegang KSS yang sedang sakit dan akan menjalani perawatan di fasilitas kesehatan pemerintah (Puskesmas dan RSUD T.V Hillers Maumere) wajib didampingi oleh keluarga pasien untuk mengurus administrasi di Dinas Sosial Kabupaten Sikka dengan membawa KS, KT dan KK (Kartu Keluarga).

Sedangkan bagi pemegang KSS yang dalam kondisi rusak/hilang , tetapi membutuhkan perawatan kesehatan di Puskesmas atau RSUD T.C. Hillers wajib membawa/menunjukkan KTP dan KK. (Silvia). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS