Taman Baca 'Anak Merdeka' di Ende, Tempat Ilmu dan Asa Bakat Anak-Anak

redaksi - Jumat, 29 April 2022 17:34
Taman Baca 'Anak Merdeka' di Ende, Tempat Ilmu dan Asa Bakat Anak-AnakMario bersama pengunjung dari Manggarai Timur saat berada di Taman Baca 'Anak Merdeka.' (sumber: Filmon Hasrin)

ENDE, (Floresku.com)-Mario Capestrano Gesiradja mendirikan Taman Baca 'Anak Merdeka' yang terletak di Kampung Onekore, Kelurahan Onekore, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende.

Mario mengatakan, Taman Baca ini didirikan pada, 6 Februari 2018 lalu.

Motivasi awalanya menurut dia, Taman Baca hadir untuk menyediakan bahan bacaan yang layak dan alat musik untuk anak-anak kampung Onekore dan masyarakat luas.

“Mereka berkunjung ke sini untuk menumbuhkan minat dan bakat," ujarnya kepada Floresku.com pada Jumat, 29 April 2022.

Katanya lagi, “dalam membangun rumah baca ini hanya bermodalkan dukungan orangtua dan kebaikan Tuhan.”

Mario bersama pengunjung dari Manggarai Timur saat berada di Taman Baca 'Anak Merdeka.' (Foto: Filmon Hasrin)

"Bersyukur kepada Tuhan, berterimakasih kepada orangtua, dan kepada diri sendiri. Rumah baca ini berhasil dibangun dengan baik. Banyak buku yang telah tersedia di sini," ungkapnya.

Lebih lanjut Mario, selama ini lumayan banyak orang yang datang berkunjung, setiap hari bisa 7 dan 8 orang. Namun yang berkunjung, lebih banyak anak SD dan SMP, sementara mahasiswa hanya untuk mencari buku referensi pembuatan skripsi.

Ia berharap agar lirerasi anak-anak dan masyarakat berkembang dengan baik, dan juga secara minat dan bakat.

Salah satu pengunjung asal Manggarai Timur, Yohan Calas menyampaikan rasa inspirasi saat berkunjung ke Taman Baca 'Anak Merdeka.' Inspirasi muncul karena melihat niat dari Mario sukses mendrong literasi anak-anak di Kampung Onekore.

Selain itu, Taman Baca 'Anak Merdeka' sudah mendukung spirit merdeka belajar melalui gerakkan literasi. "Gerakkan ini tentunya tidak hanya bersandar pada sekolah sebagai lokomotif utama. Tetapi melalui komunitas peduli pendidikan anak-anak bisa menyandarkan harapan akan mimpi ke depan," pungkas Yohan.

Untuk diketahui, Taman Baca 'Anak Merdeka' punya visi dan misi yakni membuat perkembangan untuk anak-anak sekolah, pemuda/i daerah di Ende Hero Academy dan Endelogia. (Filmon Hasrin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS