Sajian Keindahan Sawah Wae Mese Bikin Hati Tenang

redaksi - Rabu, 16 Maret 2022 21:25
Sajian Keindahan Sawah Wae Mese Bikin Hati TenangHamparan sawah Wae Mese, Desa Ruan Selatan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG (Floresku.com)-Sawah itu tidak jauh dari pusat kota Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur. Namun letaknya masih di wilayah Kecamatan Kota Komba, Desa Ruan Selatan. 

Hamparan sawah berada dalam kerendahan, terlihat seperti lembah, antara Kampung Sola, Desa Ruan dan Kampung Cambir, Kelurahan Rana Loba.

Sajian keindahan sawah seperti menyuguhkan secara langsung untuk mata pengendara dan pejalan kaki, baik saat hendak berpergian ke Borong maupun saat pulang. Apalagi posisi sawah berada di samping kiri dan kanan jalan Kabupaten, sehingga terjamin  sangat memanjakan mata.

Hamparan sawah Wae Mese, Desa Ruan Selatan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: Filmon Hasrin)

Tidak hanya sebatas menikmati saat berlintas tetapi, justru banyak orang justru berhenti di jalan, memandang, menyentuh padi yang sedang menguning, dan berselfie ria.

Salah satu pengunjung, Cedoz Daiman mengatakan keindahan sawah Wae Mese mengusir kejenuhan dan bikin hati tenang. 

Di sore hari juga pengunjung pun bisa menikmati segelas kopi di halaman pondok sambil mendengar kicauan burung yang bertengger di dahan rumpun bambu. Apalagi sawah tersebu,  kata dia, berada langsung di pinggir kali Wae Mese.

"Kalau lagi jenuh mending ke sini, bikin hati tenang. Sore-sore sambil ngopi, menikmati kicauan burung," ungkap Cedoz. Rabu,  16 Maret 2022.

Pada sore hari pengunjung juga bisa menyimpan kenangan banyak, karena dapat menikmati sunset yang menari-nari di alis mata penuh kehangatan. 

Meski telah berusaha untuk menghindar darinya karena silau, sunset justru muncul di atas pucuk barisan pohon yang mengitari sawah Wae Mese. 

Belum lagi ketika sunset perlahan terbenam, semakin menantang bola mata, muncul di celah-celah dedaunan.

Meski demikian, ada hal yang kurang menunjang pengalaman memanjakan mata di area persawahan ini.

Sebab, dari pantauan media ini diketahui bahwa sebelum menuju sawah Wae Mese tepatnya di Kampung Cambir, kondisi jalan rusak parah. Begitupun ketika datang dari arah Kampung Sola, kondisi  jalan di beberapa titik juga rusak parah. (Filmon Hasrin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS