Saksikan Kemegahan Masjid Joko Widodo di Uni Emirat Arab

redaksi - Rabu, 27 Desember 2023 16:48
Saksikan Kemegahan  Masjid Joko Widodo di Uni Emirat ArabSalah satu sudut bagian dalam Masjid Jokowi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (sumber: Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA (Floresku.com) - Pemerintah Uni Emirat Arab membangun Masjid bernama Rais Joko Widodo di Abu Dhabi. Diketahui masjid tersebut juga telah diresmikan dan dibuka untuk umum. 

Presiden Joko Widodo mengungkapkan jika masjid itu merupakan simbol eratnya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab. Hubungan itu terjalin sejak lama pada tahun 1976. 

Masjid Rais Joko Widodo dibangun sejak tahun 2021 dan kini telah rampung pada Oktober 2023 lalu. Lokasi masjid tersebut berada di depan Jalan Joko Widodo yang membentang sepanjang 2,5 kilometer. Jadi, nama masjid dan jalan yang berada di depannya sama-sama menggunakan nama Presiden Indonesia ketujuh tersebut.

Kapasitas masjid tersebut bisa menampung kurang lebih hingga 3.000 orang dengan luas mencapai 3.766 meter persegi. Tempat utama untuk melaksanakan solat dapat menampung hingga 1.000 orang. Apabila digunakan untuk ibadah solat Jumat atau acara lainnya, maka dapat menampung hingga 1.800 orang.

“Masjid ini sangat besar ya, memiliki kapasitas 2500 musoli atau orang yang salat,” kata Imam Masjid Jokowi, Salman Alfarisi, dikutip Selasa 26 Desember 2023. Salman mengatakan setiap hari jamaah yang berkunjung ke masjid tersebut selalu bertambah. Dirinya mengatakan saat waktu Subuh jamaah di masjid itu bisa sekitar 40 sampai 50 orang. “Zuhur dan Asar kurang lebih juga begitu, Magrib dan Isya sekitar itu juga,” jelasnya.

Namun ketika memasuki waktu ibadah Salat Jumat, jaamah Masjid Rais Joko Widodo ini bisa mencapai 400 hingga 500 orang. “Insyaallah ke depan karena semakin banyak yang tahu Bisa bertambah lagi dan kita harapkan e masjid ini terus Makmur dengan banyaknya pengunjung,” paparnya.

Masjid Rais Joko Widodo dilengkapi dengan taman yang berisikan beragam tumbuhan khas Indonesia. Salah satu yang ditanaman di taman tersebut adalah pohon mangga. Keberadaan masjid ini diharapkan dapat menjadi destinasi bagi masyarakat Indonesia yang sedang berlibur ke Uni Emirat Arab. 

Bangunan masjid yang dominan berwarna putih ini nampak selaras dengan ragam hiasan lampu berwarna kekuningan yang terpasang di dalamnya. Terdapat juga hiasan kaligrafi bertuliskan Asmaul Husna yang terpajang di dindingnya. Karpet berwarna biru terhampar di dalam masjid ini sehingga membuat nyaman untuk beribadah.

Tidak hanya sekedar tempat beribadah, masjid ini juga menjadi lokasi untuk kegiatan lainnya. Kegiatan itu meliputi pengajian, hafalan Qur’an untuk anak-anak, serta Majelis Taklim layaknya masjid yang berada di Indonesia.

Editor: MAR

RELATED NEWS