Satgas Covid-19 Desa Ondorea Barat Lakukan Siaran Keliling Sosialisasi PPKM dan Disiplin Prokes

redaksi - Sabtu, 10 Juli 2021 09:29
Satgas Covid-19 Desa Ondorea Barat Lakukan Siaran Keliling Sosialisasi PPKM dan Disiplin ProkesSatgas Covid 19, Desa Ondorea Barat sedang melakukan akomodasi dan sosialisasi PPKM dan disiplin protokol kesehatan kepada warga (sumber: Bob Sina)

ENDE (Floresku.com) – Menindaklanjuti  instruksi  Menteri Dalam Negeri  Republik Indonesia, Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, dan  Surat Edaran Bupati Ende, Nomor 23/SATGAS COVID 19/VI/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan  Masyarakat di Kabupaten Ende,  Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Desa Ondorea Barat  melakukan siaran keliling.

Siaran keliling tersebut dilakukan sebagai  bentuk akomodasi dan sosialisasi aturan  Pengaturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM)  dan disiplin protokol kesehatan  bagi warga Nangamboa di wilayah  perbatasan Kabupaten Ende dan Kabupaten Nagekeo.  Kegiatan ini sebagai upaya untuk  menekan   dan meminimaisir penyebaran Covid -19,  di  Desa Ondorea Barat,  sebagai pintu masuk dari dan ke Kabupaten Ende melalui wilayah barat. 

Dalam keterangannya kepada media ini, Kamis, 8 Juli 2021,  Kepala Desa Ondore Barat Rudolfus Ndate,  mengungkapakan  bahwa  ia sebagai ketua  bersama tim  Satgas Covid- 19 di Desa Ondorea Barat  melakukan siaran keliing sebagai sebuah aksi nyata untuk menekankan kepada seluruh masyarakat dan pelaku usaha di wilayah perbatasan Kabupaten Ende dan Nagekeo untuk membatasi kegiatan yang menghimpun banyak orang dan menerapkan secara disiplin protokol kesehatan  sesuai Surat  Edaran Bupati Ende. 

Di samping itu, tim Satgas Covid-19 Desa Onforea Barat berusaha memaksimalkan  empat fungsi  satuan tugas Covid-19 yakni: pertama, sosialissi situasi tentang Covid-9, PPKM darurat dan kegiatan vaksinasi. Kedua, pendataan  dan monitoring  masyarakat yang masuk keluar dari dan ke desa maupun ke ibu kota Kabupaten Ende melalui wilayah perbatasan  Kabupaten Ende dan Nagekeo,  di Desa Ondorea Barat. 

Ketiga, Melakukan pembinaan kemasyarakatan berupa siaran keliling dan pembagian masker. Keempat, melakukan penanganan berupa karantina mandiri dan terpusat di Desa Ondorea Barat.
 

Kepala Desa Ondorea Barat, Rudolfus Ndate, S.H. (Foto: Bob Sina)

Kegiatan siaran keliling  untuk sosialisasi PPKM dan penerapan protokol kesehatan   dipimpin langsung oleh Sekretaris Desa Ondorea Barat, Berry Raja bersama tim Satgas Covid -19. 

“Siaran keliling ini rutin dilakukan  setiap minggu guna mengontrol kegiatan kemasyarakatan serta penegakan disiplin menerapkan protokol kesehatan  dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Jika ada warga yang tidak memakai masker, tim satgas melakukan tindakan dengan memberi dan memakaikan masker," ujarnya.

Berdasakan pantauan awak media flores.com, pada Jumat, 9 Juli 2021, tim Satgas Covid-19 berkeliling menggunakan mobil pick-up. Dari mobil tersebut terdengar seruan dari  tim Satgas sebagai berikut:  “Dunia saat ini sedang berperang, tanpa senjata dan peluru, perang tanpa arena yaitu manusia dengan virus corona. Mari kita menjaga keluarga, dan  saudara kita. Mari kita patuhi dan ikuti instruksi dari pemerintah. Jangan lengah! Jangan kendor! Ondorea Barat siaga Covid-19!"  ( Bob Sina)  
 

RELATED NEWS