Selamat Jalan Pater Domi Atapukan SVD, RIP dan Jadilah Pendoa Bagi Kami

redaksi - Kamis, 26 September 2024 09:54
Selamat Jalan Pater Domi Atapukan SVD, RIP dan Jadilah Pendoa Bagi KamiPater Domi Atapukan SVD, saat masih muda (kiri) dan pada masa tuanya (kanan). (sumber: WAG Ledalero 1984)

MAUMERE (Floresku.com) –Pater Domi Atapukan SVD,  yang Rabu (25/9)  pagi dilarikan ke rumah Sakit Kewapante karena menderita luka bakar serius akibat kebakaran hebat di tempat kediamannya di Krokowolon, Desa Waiara  pada Selasa (24/9) tengah malam, dikabarkan telah meninggal dunia.

“Meninggal hari ini, 26 September 2024 di Kewapante. P. Domi Atapukan, SVD,” begitu pesan singkat  yang dibagikan Paret Gregor Nule SVD, Pastor Paroki Ratu Rosari kepada para sahabatnya di WAG Ledalero 1984, pada pukul 06.07 (Wita) atau  pukul 07.07 WIB.

Kabar duka cita itu segera direspon oleh anggota WAG Ledalero dengan doa dan ucapan belasungkawa. 

Justin L. Wejak dari Melbourne, Australia merespon kabar duka itu dengan menulis, “RIP, kaka P. Domi. Teringat kebersamaan kita dulu di Melbourne. Engkau pemasak yang hebat, punya tangan dan mata seni membuat ruang kapela Seminari selalu tampak indah dihiasi bunga-bungaan dari kebun/taman Seminari Dorish Maru. Selamat jalan, kaka, moga tiba di destinasi abadi dengan selamat!”

Stef Ndun yang  pernah bersama Justin di Melbourne menambahkan,” Ya saya masih ingat beliau ketika kita bersama Sama di Box Hill, Melbourne. Beliau sangat baik, peduli akan orang lain dan  artistic. RIP P. Domi, semoga mendapat tempat istirahat kekal di surga.”

Pater Edy Dhay SVD dari Soverdi Surabaya menulis, “ RiP P. Dominikus Atapukan SVD. Terima kasih atas jasa, pengabdian dan teladan hidupmu. Selamat Jalan dan mohon maaf karena kita tak pernah jumpa setelah tahbisan lmamat di Ledalero, 29 September 1992.”

Dari Ende, Benyamin Pauraja menulis, “RIP P. Dominikus Atapukan SVD. (Saya)  pertama dan terakhir kali bertemu di Box Hill Melbourne , saat bersama Bruno dan Nahak diizinkan ke Melbourne . Orangnya' baik spti kesaksian Stefen ; Justin dan Kons . Beristirahat lah dlm damai  Pater Domi SVD ; Jadilah pendoa utk kami .”

Ense da Cunha Solapung dari Jakarta mengirim pesan “RIP P. Dominikus Atapukan. Selamat jalan ke surga dan bahagia bersama para kudus. Turut bersama keluarga. Tuhan beri kekuatan dan penghiburan.”

Pater Aurel Pati Soge SVD dari tanah misi Batam menulis, “RIP Pater Domi Atapukan.  (Masih ingat?) Beliau yang mendampingi retret kita penerimaan Salib Misi di Mataloko, sebelum kita ke penugasan misi masing-masing sesuai benumbing dari Jendralat.”

Pater Domi memang sosok pastor SVD yang multi talenta. Selain menjadi pembimbing retret, ia juga dikenal sebagai seniman, terutama dalam bidang seni rupa dan seni menata ruang, serta pandai memasak juga. 

Provinsial SVD Brasil Selatan Pater Paul Koko Tolang SVD memebrikan kesaksian, “Terkenang, Pater Domi saat perayaan 50 tahun Ledalero (tahun 1987, red). pater Domi ikut mengganbar hiasan dalam kapela dan rumah adat di halaman Kapela Agung.”

Singkat kata, semua anggota WAG Ledalero 1984 berduka atas kepergian abadi Pater Domi. 

Doa dan ucapan belasungkawa mereka tersimpul dalam kata-kata ater Paul Ujan SVD yang sekarang berada dari tanah misi Timor.

“RIP Pater Domi Atapukan,SVD..Bahagia di Surga...Jadilah Pendoa untuk kami smua yang masih berzarah di dunia ini.” (map/WAG Ledalero 1984)****
 

Editor: redaksi

RELATED NEWS