SENDAL SERIBU, 08 November 2021: Jadilah Sumber Mata Air Kasih ...!

redaksi - Senin, 08 November 2021 09:05
SENDAL SERIBU, 08 November 2021: Jadilah Sumber Mata Air Kasih ...! Ilustrasi Injil Lukas 17:1-6 (sumber: www.katolikiku.com)

RUTENG (Floresku.com) - Pada hari ini,  Senin, 08 November 2021, RD Ryano Tagung, Pastor Rekan Paroki Santu Klaus Kuwu, Keuskupan Ruteng kembali menawarkan 'SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru.

RD  Ryano Tagung  mengemas permenungan SENDAl SERIBU kali ini berdasarkan bacaan Injil Lukas 17: 1-6.

Untuk SENDAL SERIBU hari ini RD Ryano Tagung memberi tajuk: JADILAH SUMBER MATA AIR KASIH, BUKAN SUMBER MATA AIR PENYESATAN! 

Marilah kita berdoa:  Allah sumber Kebijaksanaan. Engkau senantiasa memperhatikan isi hati kami. Tuntunlah hati dan lidah kami dengan Roh Mu agar kami pun turut menghadirkan kasih bagi semua orang di sekitar kami. Dengan pengantaraan Tuhan kami Yesus Kristus, yang Hidup dan Berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa, Amin.
Bacaan Injil Lukas 17: 1-6.
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan! Tetapi celakalah orang yang menyebabkannya. Lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, daripada ia menyesatkan salah seorang yang lemah ini. Jagalah dirimu! Jika saudaramu berbuat dosa, tegurlah dia. Dan jika ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jika ia berbuat dosa terhadapmu tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata, 'Aku menyesal,'  engkau harus mengampuni dia." Lalu para rasul berkata kepada Tuhan, "Tambahkanlah iman kami!" Tetapi Tuhan menjawab, "Jika kalian memiliki iman sebesar biji sesawi, kalian dapat berkata kepada pohon ara ini, 'Tercabutlah engkau dan tertanamlah di dalam laut,' maka pohon itu akan menurut perintahmu."
 

RD Riano Tagung, Pr

JADILAH SUMBER MATA AIR KASIH, BUKAN SUMBER MATA AIR PENYESATAN! 
Sahabat SETIA SENDAL SERIBU  yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Darimanakah sumber penyesatan? Dari dalam hati yang ketiadaan kasih. Ketika hati sudah kehilangan rasa kasih dan benih kasih sudah mulai mengering dan mati, maka gairah untuk mengasihi dan menjadi sumber berkat bagi sesama pun mulai mengering.

Darimanakah sumber mata air kasih? Dari dalam hati yang senantiasa memiliki kasih. Hati yang memiliki kasih, selalu terarah dan tertuju kepada TUHAN dengan ketulusan dan keikhlasan, hati yang selalu rindu untuk mengasihi dan mencari TUHAN dengan tulus.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU  yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Sabda Yesus hari ini "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan! Tetapi celakalah orang yang menyebabkannya. Lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, daripada ia menyesatkan salah seorang yang lemah ini.” Penyesatan itu pasti ada, tetapi jangan biarkan diri kita menjadi sumber penyesatan itu atau meng-ada-kan penyesatan yang membuat orang lain jauh dari TUHAN, membenci kasih dan pengampunan, lalu tinggal dalam dendam dan amarah. 

Ketika hati kita arahkan pada YESUS. Hati tidak kita biarkan keruh. Hati semakin terbuka pada ROH KEBIJAKSANAAN dan membiarkannya untuk senantiasa mengisi tingkap hati kita yang kosong, mengawasi isi hati agar tak kekurangan kasih agar selalu memenuhi seluruh hidup kita, maka kita akan dijauhkan dari keinginan dan kecenderungan untuk berbuat dosa, untuk menjadi sumber penyesatan.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU  yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Mari Kita buka hati kita. ISI hati kita dengan iman, hiasi dengan kasih dan penuhi dengan pengharapan agar di sana benih kebaikan berakar, bertumbuh dan berbuah subur. Jangan biarkan diri kita menjadi sumber kebencian, penyesatan, dendam dan amarah. Melainkan jadikan diri kita yang dalam lemah dan rapuh menata hati, sebagai sumber kebaikan yang senantiasa memancarkan sinar kasih dan sukacita.
Tidak mungkin tidak ada kemarahan. 
Tidak mungkin tidak ada kebencian. 
TIdak mungkin tidak ada dendam.
Tidak mungkin tidak ada iri hati.
Tidak mungkin tidak ada sakit hati.
Tidak mungkin tidak ada pertikaian.
Semuanya itu pasti ada. tetapi, kita harus memastikan diri kita bahwa kita jangan jadi sumber yang menyebabkan semuanya itu ada.

Marilah kita berdoa:
Allah Bapa Sumber Belas Kasih, Cabutlah akar kejahatan dari dalam hati kami dan tanamkanlah di dalam diri kami kasihMu sendiri dan satukan kami dengan YESUS KRISTUS PUTERAMU, sang Kebijaksanaan yang menjelma menjadi manusia dan tinggal diantara kami, supaya kami dapat menjadi sumber cinta kasihMu bagi sesama. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita.***

RELATED NEWS