SENDAL SERIBU, 09 januari 2022: Pembabtisan, Menjadi Anak Kekasih Allah

redaksi - Minggu, 09 Januari 2022 14:08
SENDAL SERIBU, 09 januari 2022: Pembabtisan, Menjadi Anak Kekasih AllahIlustrasi Injil Lukas 3:15-16. 21-22 (sumber: www.veronicaneli.wordpress.com/)

SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

Minggu, 09 Januari 2022: Pesta Pembabtisan Tuhan
Bacaan: Luk 3:15-16.21-22, [Thn. VI-SS/9/1/2022]
Oleh Pastor Riano Tagung, Pr

Marilah kita berdoa:  YESUS melalui pembatisanMu, Engkau telah menarik aku untuk masuk dalam semangat pengosongan diri dan bertobat dengan rendah hati. Hari ini Engkau dibaptis di sungai Yordan, agar aku dilahirkan kembali dari air dan Roh supaya di dalam Engkau sendiri, aku hidup dan hidup baru dan menjadi putera Bapa yang terkasih, kini dan sepanjang segala masa,  Amin.

Injil Lukas 3:15-16.21-22
Ketika Yohanes tampil di Sungai Yordan, banyak orang menanti-nanti dan berharap, dan semuanya bertanya dalam hati tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias. 

Karena itu Yohanes berkata kepada semua orang itu, "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa daripada aku masih akan datang, dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. 

Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. Ketika orang banyak itu semuanya telah dibaptis, dan ketika Yesus sedang berdoa, setelah Ia juga dibaptis, terbukalah langit, dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit, "Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
 

RD Ryano Tagung

Renungan SENDAL SERIBU:

“Segala sesuatu yang terjadi pada Kristus membuat kita mengerti bahwa Pembaptisan, Roh Kudus melayang-layang dari surga ke atas kita dan bahwa kita menjadi putra-putra Allah melalui suara Bapa” Hilarius.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Hari ini Gereja merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan. Inilah bagian terakhir dari lingkaran Natal dalam Kalendarium Liturgi. Hari ini, melalui pembaptisanNya, Yesus menerima dan memulai perutusanNya sebagai Hamba Allah yang menderita. 

Yesus memasukkan diriNya dalam golongan orang berdosa. YESUS taat sepenuhnya pada kehendak Bapa dan menggenapkan seluruh kehendak Bapa. Pembaptisan yang diterima oleh YESUS, mengantisipasi pembatisan kematianNya yang berdarah. 

Karena cinta, Ia menerima pembaptisan kematian demi pengampunan dosa-dosa kita. YESUS menjadi sumber roh bagi kita semua yang menaruh kepercayaan penuh kepadaNya. Waktu pembaptisan Yesus di sungai Yordan, surga yang ditutup oleh dosa Adam, terbuka dank arena YESUS dan ROH turun ke dalam air, maka dikuduskan. Inilah awal penciptaan baru.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Melalui Perayaan ini, Pesta Yesus dibaptis di sungai Yordan, baiklah kita juga membiarkan diri kita dikuburkan bersama Kristus dalam pembaptisan agar kita dapat bangkit bersamaNya, kita tenggelamkan diri kita, turun bersama YESUS agar bersamaNya kita bangkit dan dimuliakan didalam DIA. 

Melalui Perayaan ini juga, kita diundang untuk taat sepenuhnya pada rencana dan kehendak ALLAH. Sebagaimana nubuat nabi Yesaya, rancanganKu bukanlah rancanganmu, jalanKu bukanlah jalanmu. 

Dengan membuka diri pada rencana dan kehendak Allah maka kita meletakkan seluruh rancangan, rencana dan jalan hidup kita dalam KEHENDAK ALLAH, sebab DIA telah menyediakan sesuatu yang jauh lebih besar dan hebat, diluar dari pikiran kita. Karena itu, kita diundang untuk mengosongkan diri dan bertobat dengan rendah hati agar kita masuk dalam kehidupan YESUS dan dilahirkan kembali ddari air dan roh.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
DIA yang tak berdosa, telah memasukkan diriNya dalam golongan berdosa agar kita semua memperoleh keselamatan dan hidup yang kekal. Karena itu, bawa seluruh anggota keluarga dan komunitas kita agar hidup dalam hidup baru, hidup dalam semangat ketaatan pada kehendak Bapa. 

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita

RELATED NEWS