SENDAL SERIBU, Jumat, 14 Oktober 2022 : Peringatan Fakultatif St Kalistus, Paus dan Martir

redaksi - Jumat, 14 Oktober 2022 11:34
SENDAL SERIBU, Jumat, 14 Oktober 2022 : Peringatan Fakultatif St Kalistus, Paus dan MartirBurung Pipit (sumber: www.katolikku.com)

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU
Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru
JUMAT, 14 OKTOBER 2022
HARI BIASA, PEKAN BIASA XXVIII
Ef. 1:11-14; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7.8-9; Luk. 12:1-7; 
[Thn. V-SS/286/10/2022]
Pst. Riano Tagung, Pr
ZIARAH ROSARIO SUCI SANTA PERAWAN MARIA HARI KE-14
Marilah kita berdoa:  Ya YESUS yang terkasih, dalam hening ku bersukur atas kasihMu yang melimpah dalam hidupku. Di sela rasa syukur ini, kubungkus sejumput doa kecil, anugerahilah hambaMu ini dengan rasa takut yang suci pada kehendakMu, agar aku senantiasa berkanjang dalam kasih dan cintaMu. Sebab Engkaulah Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa, Amin.
Injil Lukas 12: 1-7
Sekali peristiwa, Berkerumunlah beribu-ribu orang, sehingga mereka berdesak-desakan. Yesus lalu mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya, "Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi.

Tiada sesuatu pun yang tertutup yang takkan dibuka, dan tiada sesuatu pun yang tersembunyi yang takkan diketahui. Karena itu apa yang kalian katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan yang kalian bisikkan ke telinga di dalam kamar akan dimaklumkan dari atas atap rumah. 

Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kalian takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh tetapi kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepadamu siapakah yang harus kalian takuti. 

Takutilah Dia yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sungguh, Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! 

Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekor pun dilupakan Allah. Bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit."

ROSARIO: BERSAMA MARIA MERASAKAN KASIH ALLAH YANG MENJADIKAN KITA BERHARGA DI MATANYA !
*Pastor Ryano Tagung, Pr

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam Kristus Tuhan,
Hidup kita  berada dalam penyelenggaraanNya. Tak satupun dari kita terluput dari kasihNya. Kemanapun kita pergi, KASIH KARUNIA ALLAH SENANTIASA MENYERTAI KITA. 

Kita ini sungguh berharga dimataNya. Kita harus bisa merasakan bahwa hidup kita ini adalan luapan kasih ALLAH dimana ALLAH tidak pernah meninggalkan kita seorang diri. KasihNya yang merangkul kita, kasihNya yang melingkupi kita menyatakan sekali lagi bahwa kita ini BERHARGA DIMATANYA. 

Sirakh katakan: “Lidah, mata dan telinga dibentukNya. Dan manusia diberiNya hati untuk berpikir. Ia menanamkan mataNya sendiri di dalam hati manusia untuk menyatakan kepadanya keagungan pekerjaan Tuhan.” [Sir. 17:6.8]

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam Kristus Tuhan,
Ketika lidah, mata, telinga dan hati telah kehilangan keindahannya dalam merasakan kasih ALLAH maka di sana lahirnya kemunafikan. 

Tentu inilah yang YESUS tegaskan dalam bacaan  injil pada hari ini, di mana YESUS memperingatkan para muridNya untuk waspada terhadap ragi kemunafikan orang Farisi, sebab bisa saja ragi itu turut mengkhamirkan hati para murid Yesus untuk terjerumus dalam sikap munafik. 

Dengan mengatakan demikian, Yesus hendak menggariskan kepada para muridNya  juga kepada kita bahwa betapa pentingnya menjadi pribadi yang terbuka dan jujur pada diri sendiri dan Allah. tepatnya, menjadi pribadi YANG TAKUT KEPADA ALLAH. 

Sebab, dengan memiliki rasa takut yang suci akan ALLAH akan menuntuk kita untuk betumbuh menjadi pribadi yang jujur dan menutup pintu kepada kemunafikan.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam Kristus Tuhan,
Selain mengajari para murid untuk membangun sikap waspada, YESUS juga mengingatkan kepada para rasul jangan takut. Jangan takut kalau dihina. Jangan takut kalau dianiaya. Jangan takut kalau dibenci. 

Yesus mengatakan kepada kita untuk jangan takut. Ketakutan adalah tanda bahwa kita belum mempercayakan seluruh hidup kita kedalam tangan dan perlindungan kasih Allah. 

Jika kita dihina, diejek, diabaikan jangan pernah merasa minder dan tidak berguna, tidak ada artinya. Sebab itu hanya luaran yang dilihat oleh manusia. manusia mengukur sesamanya dari apa yang tampak luar, fisik. 

Ingatlah, kita ini berharga di mata Allah. Apapun kata dunia tentang kita, itu semua tidak akan mengubah sedikitpun kata Yesus tentang diri kita,  bahwa kita ini sungguh berharga! 

Satu hal yang perlu kita ingat dan kembali YESUS tegaskan dalam injil hari ini, yaitu yang perlu kita takuti adalah TAKUTLAH KEPADA ALLAH. MENGAPA? 

“Sebab Roh yang takut akan TUHAN akan hidup sebab harapannya tertaruh pada Dia yang menyelamatkan. Barangsiapa takut akan TUHAN tidak kuatir terhadap apapun dan tidak menaruh ketakutan sebab Tuhanlah pengharapannya. BERBAHAGIALAH orang yang takut akan Tuhan.” [Sir 34:13-15a.]

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
Dalam bulan Rosario  ini, kita  terus berziarah bersama Maria dengan Rosario di tangan kita. Kita meletakkan hidup kita kepada Bunda Maria agar bersama Maria kita bertumbuh menjadi serupa dengan YESUS KRISTUS Puteranya sampai kita sungguh menjadi kudus. 

Dalam perjumpaan dengan YESUS di setiap peristiwa Rosario yang kita renungkan  “kita membawa serta segala masalah, kecemasan, jerih payah, dan usaha-usaha yang menjadi bagian utuh dari hidup kita. 

“Serahkanlah kekhawatiranmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau.” (Mzm 55:23) Berdoa  rosario berarti menyerahkan beban-beban hidup kita kepada Kristus dan bunda-Nya yang murah hati” [RVM 25].

Dio Vi Benedica 
Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr
PAROKI SANTU YUSUF, BENTENG JAWA
Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=
Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita. ***

Editor: redaksi
Tags burung pipitYesusBagikan

RELATED NEWS