SENDAL SERIBU, Jumat, 24 September 2021: APA JAWABANMU!

redaksi - Jumat, 24 September 2021 09:51
SENDAL SERIBU, Jumat, 24 September 2021: APA JAWABANMU!Ilustrasi: Injil Lukas 9:18-22 (sumber: Istimewa)

Pastor Ryano Tagung, Pr
Pastor Rekan Paroki Santu Klaus Kuwu, Keuskupan Ruteng

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU
Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

JUMAT, 24 SEPTEMBER 2021
Hari biasa, Pekan Biasa XXV [Thn. V-SS/264/9/2021]

Marilah kita berdoa: *Allah Bapa yang Maharahim, syukur berlimpah kami haturkan ke hadiratMu atas segala rahmat dan cinta yang telah Engkau berikan kepada kami dengan cuma-cuma. Engkau menarik kami kedalam kasih kerahimanMu. Semoga kami semakin mengalami kasihMu dan bersedia menjadi saksi di dalam keluarga, komunitas dan lingkungan hidup kami. Dengan pengantaraan PuteraMu Yesus Kristus Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa, bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa, Amin.

Bacaan Injil: Lukas 9:18-22. 

*Pada suatu ketika Yesus sedang berdoa seorang diri. Maka datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Yesus bertanya kepada mereka, "Kata orang banyak siapakah Aku ini?" Mereka menjawab, "Yohanes Pembaptis; ada juga yang mengatakan: Elia; ada pula yang mengatakan: salah seorang nabi dari zaman dulu telah bangkit." Yesus bertanya lagi, "Menurut kalian, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus, "Engkaulah Kristus dari Allah." Dengan keras Yesus melarang mereka memberitakan hal itu kepada siapa pun. Ia lalu berkata, "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, oleh para imam kepala dan para ahli Taurat, lalu dibunuh, dan dibangkitkan pada hari ketiga."

Renungan: APA JAWABANMU!

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Setiap hari adalah sebuah jawaban akan KASIH ALLAH dalam hidup kita. Jawaban ini lahir dari sebuah pengalaman intim bersama ALLAH dalam DOA dan EKARISTI. Jawaban ini juga adalah gambaran nyata sejauh mana kita merasakan pengalaman pribadi perjumpaan dengan DIA dan memiliki rasa perasaan itu di dalam seluruh hidup dan panggilan kita.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Kisah injil hari ini adalah kisah sebuah JAWABAN dari sebuah pertanyaan. "Kata orang banyak siapakah Aku ini?"… "Menurut kalian, siapakah Aku ini?" Tentu pertanyaan ini menggetarkan kalbu para murid. Mereka tak pernah berpikir, bahwa YESUS akan bertanya tentang siapakah diriNya. 

Tetapi, pertanyaan ini menjadi penting, untuk mempersiapkan hati para murid akan apa yang terjadi dengan YESUS, Sang Guru, di kemudian hari. Aneka jawaban tercipta. Sebuah jawaban keluar dari mulut Simon Petrus. 

Tentu, jawaban Petrus ini bukan hanya sebuah jawaban kebetulan saja, tetapi sebuah jawaban yang lahir dari relasi yang intim dengan YESUS. Petrus yang setelah mukjizat penangkapan ikan, sungguh mengalami secara pribadi siapakah YESUS itu.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Satu hal yang perlu juga kita perhatikan adalah YESUS yang menarik diri dari keramaian untuk berdoa. YESUS berdoa setelah menjalankan tugas misiNYA. 

YESUS yang adalah ANAK ALLAH tetap menjalin relasi dan komunikasi dengan ALLAH agar segala misi dan perutusanNYA tidak pernah terlepas dari CINTA KASIH ALLAH. YESUS mau agar para muridNya dan kita, memiliki waktu khusus untuk BERDOA. 

Di tengah kesibukkan kita DOA tetap menjadi pelabuhan hidup kita untuk sejenak menyandarkan perahu kehidupan kita, sejenak menarik nafas, meneguk air kehidupan untuk kembali meneruskan perjalanan.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Kisah hidup kita adalah sebuah kisah jawaban dari sebuah doa. KITA harus memiliki sebuah jawaban dalam hidup kita. Sebuah jawaban yang lahir dari kedalaman hubungan kita dengan Yesus. Sebuah jawaban yang kita rangkai dalam dan lewat tugas, panggilan hidup kita setiap hari berjalan bersamang kita lalui bersama dengan Yesus. sebab, 

SETIAP peristiwa yang kita alami di dalam hidup kita adalah cara ALLAH menyampaikan dan menyatakan DiriNya dan KasihNya kepada kita. Kesediaan dan kerelaan untuk memberikan waktu di dalam hidup untuk sejenak menarik dari dari kebisingan dan keramaian serta kesibukan harian kita adalah cara yang terbaik untuk menyadari akan kehadiran ALLAH yang selalu berkarya di dalam hidup kita dan mengalami setiap rajutan kasihNya memintal kita menjadi lebih indah dari hari ke hari.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Ketiadaan pengalaman untuk menarik diri dari segala kebisingan di dalam hidup membuat kita kehilangan kesadaran dan sebuah jawaban atas kasih ALLAH yang nyata di dalam hidup kita. Kita akan memiliki gambaran yang buram tentang ALLAH. Kita belum memiliki pengalaman disentuh dan dijamah oleh KASIH ALLAH yang hidup, ALLAH yang dekat dengan hidup kita, ALLAH yang selalu berada bersama kita setiap saat. Pada titik inilah, kita akan gagap dan mungkin latah dalam memberikan jawaban tentang siapakah YESUS bagi kita? Semoga di tengah sibuk dan hingar bingarnya dunia sekitar kita, kita masih memiliki waktu untuk hening, berdoa dan mengalami jemari kasih ALLAH mejamah kita dalam dan melalui tugas serta panggilan hidup kita.

Marilah kita berdoa:
YA YESUS, JAWABAN HIDUPKU. Ketika Engkau tempatkan aku di jalan panggilan ini, kukais langkah demi langkah mencari sebuah jawaban dari setiap jejak yang tertinggal. Adakah aku temukan jawabannya di sana. Aku terlalu membuang waktu. Tapi itu tidak. Ada kasihMU di setiap jejak yang telah terlewati. Ada KASIHMU yang memberi aku kuat untuk terus melangkah. Hingga kusadari, Engkau adalah jawaban dari setiap Tanya dalam hidupku, jawaban dari langkah ini, yang membuatku tidak perlu ke lain hati mencari jawaban. Terima kasih YESUS karena sudah beri aku kekuatan RAHMAT dan CINTAMU untuk menjawab tanyaMu, Amin.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI 
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita

Editor: Redaksi

RELATED NEWS