SENDAL SERIBU, Jumat, 29 Juli 2022: Menjadi Sahabat Yesus

redaksi - Jumat, 29 Juli 2022 11:41
SENDAL SERIBU, Jumat, 29 Juli 2022: Menjadi Sahabat YesusIlustrasi Injil Yohanes, 11: 19-27: (sumber: My Catholic Life/www.katolikku.com)

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru
JUMAT, 29 JULI 2022
PERINGATAN WAJIB ST. MARTA, MARIA DAN LAZARUS SAHABAT TUHAN
Yoh 11:19-27: [Thn. V/VII/209/2022]
Pst. Riano Tagung, Pr

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes, 11: 19-27:
Menjelang Hari Raya Paskah,  banyak orang Yahudi datang kepada Marta dan Maria  untuk menghibur mereka berhubung dengan kematian saudaranya. Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang,  ia pergi mendapatkan-Nya.  Tetapi Maria tinggal di rumah.

Maka kata Marta kepada Yesus,  "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini,  saudaraku pasti tidak mati.
Tetapi sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya."
Kata Yesus kepada Marta,  "Saudaramu akan bangkit." Kata Marta kepada-Nya, 
"Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman."

Jawab Yesus, "Akulah kebangkitan dan hidup!  Barangsiapa percaya kepada-Ku,  ia akan hidup walaupun sudah mati; 
dan setiap orang yang hidup serta percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. 

Percayakah engkau akan hal ini?" Jawab Marta,  "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, 
Dia yang akan datang ke dalam dunia."

Demikianlah sabda Tuhan.

MENJADI SAHABAT YESUS
Pastor Riano Tagung, Pr

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
YESUS selalu ada bersama kita. Dia adalah SAHABAT dalam perjalanan hidup kita. DIA tahu apa yang kita butuhkan DIA tahu apa yang menjadi kerinduan terdalam di dalam hati kita. 

DIA selalu ada bersama kita. DIA begitu dekat dengan kita sehingga DIA selalu merasakan apa yang kita rasakan, turut mengalami apa yang saat ini kita alami. 

DIA tidak pernah meninggalkan kita seorang diri untuk bergumul dan bergulat dengan pelbagai macam peristiwa dan pengalaman hidup kita ini. 

Demikian arti seorang SAHABAT sejati. YESUS menjadi sahabat kita, apakah kita sungguh telah menjadi sahabat bagi YESUS yang selalu ada bersama DIA, tinggal bersama DIA dan mau ikut mendertia bersama DIA?

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
HARI ini, 29 Juli, Gereja mengajak kita untuk merayakan peringatan wajib dari sahabat-sahabat YESUS, Maria, Marta dan Lazarus. Kisah tentang Marta dilukiskan Yohanes dalam Injilnya 11:1-44. 

Di dalamnya terungkap jelas bahwa Marta dan Maria bersama Lazarus saudara mereka amat disayangi oleh Yesus. Mereka tinggal di Betania, sebuah kampung kecil yang letaknya tak jauh dari Yerusalem. 

Ketika Yesus mengunjungi mereka sehubungan dengan peristiwa kematian Lazarus, Marta selaku adik Maria bertindak sebagai pelayan. 

Ia sibuk menyediakan makanan bagi Yesus dan Rasul-rasul yang menyertaiNya. Sedangkan Maria kakaknya, yang pernah meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya, duduk di depan kaki Yesus sambil mendengarkan Sabda Yesus.

Ketika Lazarus jatuh sakit keras, Marta dan Maria mengirim khabar kepada Yesus. Pada waktu itu Yesus ada di seberang sungai Yordan yang agak jauh dari Betania. "Tuhan, dia yang Engkau kasihi, sakit" demikian bunyi khabar itu. 

Yesus sengaja tinggal di tempat itu selama dua hari, lalu pergi ke Betania untuk menghibur Maria dan Marta.
Tatkala Yesus datang, Marta pergi menemui Dia. 

Maka terjadilah percakapan indah antara dia dengan Yesus. Dengan sikap yang realistis dan penuh iman kepada Yesus, Marta berkata: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. 

Tetapi sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepadaMu segala sesuatu yang Engkau minta kepadaNya". 

Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit". Kata Marta kepadaNya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman". 

Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati . . .". Marta memang kurang memahami apa yang dikatakan Yesus, namun ia percaya pada Yesus: "Ya Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia". Marta adalah seorang wanita yang bersemangat iman, praktis, ramah dan rajin.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
MARILAH KITA, bersama para SAHABAT YESUS yang kita rayakan pada hari ini, MARTA, MARIA DAN LAZARUS, kita berusaha untuk selalu tinggal bersama YESUS dan membiarkan YESUS tinggal dan bertamu di dalam HATI kita, membiarkan SABDANYA bergema begitu kuat di dalam hati dan sanubari kita sehingga kita selalu ada rasa rindu untuk selalu tinggal bersama YESUS, mendengarkan suaraNya dan bersedia melaksanakan kehendakNya serta melayaniNya dengan cinta dan sukacita.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr
PAROKI SANTU YUSUF, BENTENG JAWA
Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita***

Editor: redaksi

RELATED NEWS