SENDAL SERIBU, Rabu, 04 Januari 2023: Datang, Lihat, dan Tinggal Bersama dengan Yesus

redaksi - Rabu, 04 Januari 2023 09:23
SENDAL SERIBU, Rabu, 04 Januari 2023: Datang, Lihat, dan Tinggal Bersama dengan YesusRD Ryano Tagung (sumber: Dokpri)

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU:Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

RABU, 04 JANUARI 2023: Hari Biasa Masa Natal
1Yoh 3:7-10 & Yoh 1:35-42:[Thn. VI-SS/4/1/2023]
Pastor Riano Tagung, Pr

Antiphon Pembuka:
“Sejak awal mula Sabda Itu Allah, dan Ia berkenan dilahirkan sebagai Penebus dunia”
[Yoh 1:1]

Marilah kita berdoa:
Allah Bapa Mahacinta, kami bersyukur kepadaMu karena kami telah Kauperkenankan mengetahui Engkaulah sumber segala kebaikan. Berilah kami hati yang baik untuk mengalami kehadiran Kristus Sang Mesias. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.

Inilah Injil Suci menurut Yohanes

Sekali peristiwa Yohanes berdiri di tempat ia membaptis orang di Sungai Yordan bersama dengan dua orang muridnya. Ketika melihat Yesus lewat, Yohanes berkata, "Lihatlah Anak domba Allah!" 

Mendengar apa yang dikatakan Yohanes, kedua murid itu pergi mengikuti Yesus. Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Melihat bahwa mereka mengikuti Dia, Yesus lalu berkata kepada mereka, "Apakah yang kamu cari?" 

Kata mereka kepada-Nya, "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?" Yesus berkata kepada mereka, "Marilah, dan kamu akan melihatnya." 

Mereka pun datang, dan melihat di mana Yesus tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia. Waktu itu kira-kira pukul empat. 

Salah seorang dari kedua murid yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya, "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)." 

Lalu Andreas membawa Simon kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata, "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Demikianlah Sabda Tuhan

DATANG, MELIHAT, TINGGAL DENGAN YESUS!
Pastor Ryano Tagung, Pr
[Imam Keuskupan Ruteng]

*“Jika kita sungguh telah mengalami Kasih Yesus dalam hidup kita maka tidak ada kata tidak untuk tinggal bersama denganNya selamanya” *

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Kalau sudah ada rindu di dalam hati maka selalu ada cinta di sana. Dan cinta, menarik seseorang untuk bersatu dengan yang dicintainya.  

Kalau kita sungguh memiliki kerinduan untuk berjumpa dnegan YESUS maka kita harus datang menemuinya. Melihat dan mengalami kasihNya. Kemudian, mencintaiNya dengan memilih tinggal bersama denganNya seumur hidup kita, seturut pilihan dan panggilan hidup kita saat ini.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Ketika kita telah tinggal bersama dengan YESUS maka kita akan berusaha untuk tidak membiarkan diri disesatkan oleh kuasa kegelapan dan kembali hidup di dalam kegelapan, hidup dalam dosa. 

NATAL adalah moment di mana Kita telah lahir kembali dari Allah, kita yang adalah pendosa telah dikasihiNya. Oleh karena itu, baiklah hidup kita seluruhnya dipimpin oleh kasih Allah, untuk senantiasa mencari YESUS, menemukan Yesus, tinggal bersama Yesus dan semakin mencintai YESUS. dengan dmikian, percayalah, bahwa hidup kita akan semakin terarah untuk mengasihi dan melayani Allah dan kita akan dijauhkan dari segala keinginan/ kecenderungan untuk berbuat dosa dan membiarkan kuasa kegelapan menguasai kita.  

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Sebagai orang beriman, tidak bisa tidak, kita harus hidup di dalam YESUS. bukan karena kita kudus, bukan karena kita hebat, tetapi karena kita BERDOSA, MAKA KITA HARUS HIDUP DIDALAM YESUS. 

Dengan memilih untuk tinggal dengan YESUS, maka kita akan sungguh mengalami kasih Allah yang penuh rahim, yang menarik kita untuk semakin dengan dekatNya, tidak  berada jauh dan terpisah dari kasih Allah yang nyata dalam diri Yesus Kristus. Kita akan dengan bebas untuk tinggal bersama dengan Yesus. 

Kita tidak boleh puas diri dan cepat berbangga sebagai seorang Katolik, seorang yang sudah dibaptis. Rasa bangga kita harus lebih wow lagi ketika kita berani memutuskan untuk tinggal bersama dengan YESUS dan membiarkan diri kita dipimpin oleh kasihNya, di dalam keluarga, komunitas dan di mana saja kita berada, sesuai dengan jalan dan pilihan hidup yang saat ini kita pilih. 
Kita harus tinggal dengan YESUS dalam keluarga.
Kita harus tinggal dengan YESUS dalam komunitas.
Kita harus tinggal dengan YESUS dalam hidup kita.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Saat di mana, kita sungguh berada di dalam YESUS dan YESUS ada di dalam hati kita maka  sikap dengki, iri hati, cemburu dan sombong dari dalam diri kita, yang berasal dari kuasa kegelapan, dari setan yang hendak mencuri kita dari kasih Allah akan sirna dengan segera. 

Seperti Fajar menyapu gelapnya malam, maka kegelapan dosa kita akan hilang dalam diri kita bila kita membiarkan sinar cahayaNya menyinari hati kita.  

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Mari tinggal bersama dengan Yesus dan lepaskanlah segala sesuatu yang akan menghalang perjumpaan kita dengan Yesus. Jika kita tinggal bersama dengan Yesus tetapi hati kita masih jauh dari Yesus itu sama saja dengan kita belum tinggal bersama dengan Yesus. beri hati kita saat ini kepada Yesus maka Dia akan memberikan HatiNya yang penuh cinta dan belas kasih kepada kita.

MARILAH KITA BERDOA:
Allah Bapa yang Mahakuasa, Kristus telah datang sebagai cahaya untuk menebus umat manusia. Semoga cahayaNya senantiasa bersinar di dalam hati kami. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.
Tuhan Yesus Memberkati. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS