SENDAL SERIBU, Rabu, 08 September 2021: Dalam KelahiranMu Kuletakan Panggilanku

redaksi - Rabu, 08 September 2021 09:03
SENDAL SERIBU, Rabu, 08 September 2021: Dalam KelahiranMu Kuletakan PanggilankuPastor Riano Tagung, Pr Pastor Rekan Paroki Santu Klaus Kuwu Keuskupan Ruteng (sumber: Dokpri)

 “SENDAL SERIBU” [Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru]

Pastor Riano Tagung, Pr, Pastor Rekan Paroki Santu Klaus Kuwu Keuskupan Ruteng

RABU, 8 SEPTEMBER 2021
PESTA KELAHIRAN SANTA PERAWAN MARIA
Mi.5:2-5a/ Rm.8:28-30;Mzm 13:6cd; 

BACAAN INJIL:Mat.1:1-16.18-23
Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu Yesus, bertunangan dengan Yusuf, ternyata Maria mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf, suaminya, seorang yang tulus hati, dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika Yusuf mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata, "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Maria akan melahirkan anak laki-laki, dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Hal itu terjadi supaya genaplah yang firman Tuhan yang dinyatakan oleh nabi, "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamai Dia Imanuel" yang berarti: Allah menyertai kita.

RENUNGAN SINGKAT:

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
Deretan kata yang lusuh karena tercemar oleh dosa telah MARIA ganti dengan CINTA. Jawabannya pada kehendak ALLAH, “Aku ini hamba Tuhan” ubahkan hidup yang penuh dosa jadi berlimpah kasih karunia, ubah ketidaktatan menjadi ketaatan, ubah kelemahan jadi kekuatan, ubah hidup menjadi semakin berarti. Dalam langkah yang tergontai oleh dosa dan rapuhnya hati mengumpulkan kepingan cinta, mendengar jawaban YA-mu Maria, Fiatmu, kami berlari kepadamu, ingin merasakan pelukan kasihmu, belaianmu penuh kasih sayang agar kami kuat menghadapi perjuangan baru ini. Agar kami pasti dan yakin untuk menjawab YA atas pilihan hidup kami saat. Selamat Ulang tahun kelahiran Bundaku Maria, dari anakmu yang penuh dengan noda dosa.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
Hari ini kita merayakan pesta kelahiran Santa Perawan Maria, Ibu Yesus. Pokok penting dari pesta ini mau menunjukkan bahwa betapa Gereja mengasihi dan menghormati Bunda Maria sebagai wanita yang mempunyai peranan besar di dalam karya keselamatan Allah. Maria telah ditentulkan oleh Allah sedari kekal untuk mengandung dan melahirkan Yesus.  Inilah panggilan Maria. Maria telah dipilih dan ditentukan ALLAH sejak semula, karena itu, Maria dipenuhi oleh Kasih Karunia Allah agar seluruh hidupnya terarah dan mengarahkan sepenuhnya kepada Allah.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
Di balik setiap kelahiran baru, ada rencana dan kehendak Allah sudah terpatri di dalamnya. Manusia tidak bisa mengelak dan pergi jauh melarikan diri dari rencana dan kehendak Allah. Allah sudah menentukan, akan jadi apakah anak ini nanti. Dalam kegagapan dan ketertatihan, iman yang teguh, harapan yang kokok dan cinta yang berkobar-kobar akan menuntun kita pada sikap terbuka terhadap rencana dan kehendak ALLAH. Di sana, kita akan menemukan rencana indah ALLAH di dalam hidup kita. Oleh karena itu, apapun dan siapapun kita saat ini, adalah bagian kehendakNya yang membentuk kita dan menjadikan kita seturut keinginanNya.  

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN
Sebagaimana kelahiran Santa Perawan Maria telah ditentukan oleh Allah dan seluruh hidupnya pun sudah berada dalam rencana Allah, demikian pula halnya dengan kehidupan kita saat ini. Kelahiran kita membawa kita pada sebuah pemberian diri yang total kepada Allah. Allah mencintai kita, agar kita mencintaiNya dengan lebih sungguh. Oleh karena itu, BERSYUKURLAH ATAS HIDUP KITA SAAT INI, SEBAB SEMUANYA TELAH DIRENCANAKAN OLEH ALLAH. Allah senantiasa menyertai perjalanan hidup kita. Selamat ulang tahun Bunda Maria, doakan kami selalu pada Yesus Kristus, PuteraMu.

Marilah kita berdoa: Salam Maria Penuh Rahmat Tuhan sertamu terpujilah Engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu Yesus, Santa Maria Buanda Allah doakanlah kami yang berdosa inj sekarang dan waktu kami mati, amin

Berkat dan doaku
PASTOR RYANO TAGUNG, PR

[Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017]
Motto: Servire Dio Con Amore e Gioia: Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita

Editor: Redaksi

RELATED NEWS