SENDAL SERIBU, Rabu, 29 September 2021: BERADA DALAM DEKAPAN SANG MALAIKAT!

redaksi - Rabu, 29 September 2021 08:33
SENDAL SERIBU, Rabu, 29 September 2021: BERADA DALAM DEKAPAN SANG MALAIKAT!Ilustrasi: 3 Malaikat Agung: Gabriel, Mikael dan Rafael (sumber: www.pinterest.com)

Pastor Ryano Tagung,Pr
Pastor Rekan Paroki Santu Klaus Kuwu, Keuskupan Ruteng

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU
Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

RABU, 29 SEPTEMBER 2021
PESTA MALAIKAT AGUNG: St. Mikael, St. Rafael dan St. Gabriel

Dan. 7:9-10,13-14/ Why. 12:7-12a; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,4-5;Yoh. 1:47-51. 
[Thn. V-SS/269/9/2021]
Marilah kita berdoa:  
Allah Pencipta alam semesta, tugas malaikat dan manusia Kau bagikan dengan bijaksana. Para Malaikat telah mengabdiMu dan mendampingi Engkau di surga. Moga-moga mereka juga melindungi hidup kami di dunia. Dengan pengantaraan Tuhan kami Yesus Kristus PuteraMu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa, Amin.

Bacaan Injil: Yoh. 1:47-51. 

Pada waktu itu Natanael datang kepada Yesus atas ajakan Filipus. Tatkala melihat Natanael datang, Yesus berkata tentang dia, "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada Yesus, "Bagaimana Engkau mengenal aku?"  Jawab Yesus kepadanya, "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya, "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya, "Karena Aku berkata kepadamu: 'Aku melihat engkau di bawah pohon ara', maka engkau percaya? Hal-hal yang lebih besar daripada itu akan kaulihat." Lalu kata Yesus kepadanya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Renungan: *BERADA DALAM DEKAPAN SANG MALAIKAT!”

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
SAAT mata rohani kita tidak mampu melihat jemari ALLAH menenun hidup kita, melihat tangan kasihNYA menopang dan memberkati hidup kita, melihat KASIHNYA sedang mengukir cinta di dalam hati kita, maka kita akan selalu merasa seorang diri dan dalam kesendirian itu kesepian sudah pasti menyelimuti kita. Lalu, kita merasakan hidup ini tidak berarti, hidup ini tidak adil. Padahal, kitalah yang membuat hidup ini dipenuhi oleh kegelapan dan ketidakpedulian. 

Kalau kita sungguh membuka mata hati kita, membiarkan terang kasihNYA menyusup masuk dalam hati kita, maka kita akan menyadari dalam kesendirian hidup kita ini, kita tidak akan pernah sepi sebab di dalam kesendirian itu selalu ada KASIH ALLAH yang melingkupi seluruh hidup kita. SENDIRI TIDAK SELALU SEPI, bila kita sungguh hidup di dalam kasih ALLAH, dan merasakannya di setiap peristiwa hidup kita maka kita tidak akan pernah merasa sepi dan kesepian. YESUS selalu punya cara untuk menghibur dan memberikan kepada kita rasa sukacita, damai dan kelimpahan kasih karunia Nya.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Hari ini kita merayakan Pesta para Malaikat Agung. HIDUP kita berada dalam perlindungan mereka. Dalam dekapan mereka kita dijauhkan dari segala kuasa jahat dan kegelapan yang hendak menutup pintu hati kita bagi kasih Allah. dalam dekapan mereka, kita belajar untuk mengabdi dan melayani Allah.

Adalah tiga malaikat agung itu:  Mikael disebut Penjaga Sakramen Mahakudus Ekaristi. Ia adalah pemimpin balatentara surga, sebagai seorang prajurit ia tidak hanya melindungi jiwa-jiwa tetapi juga melindungi kita dari musuh dan melindungi Tuhan Kita, dalam sakramen suci. Ia memiliki kuasa untuk menghukum siapapun yang berdosa melawan sakramen ini. Rafael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Malaikat Agung St. Gabriel disebut penjaga sakramen Baptis. Gabriel adalah Malaikat Agung yang memberitakan kabar gembira dan kemenangan inkarnasi melawan dosa dan maut.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Dalam pesta tiga malaikat agung ini, kita mendengarkan kisah injil tentang Filipus yang membawa Natanael bertemu dengan Yesus. Kita juga perlu menjadi ‘filipus-filipus’ yang membawa banyak orang untuk bertemu dengan YESUS, untuk mengalami KASIHNYA dan sebgaimana YESUS membuka mata rohani Natanael supaya bisa masuk dalam wilayah TUHAN, demikian juga dengan kita. Supaya, ada iman yang tumbuh sehingga hidup kita lebih tenang dan damai, lebih adem dan sejuk, lebih diberkati di tengah dunia yang penuh dengan kekacauan dan ketidakaturan ini.  

Belajar dari FIlipus yang membawa Natanel berjumpa dengan Yesus dan belajar dari Natanel, yang dengan kerendahan hati menerima YESUS, iman sangat diperlukan dalam hidup ini supaya kita bisa menyadari akan penyertaan TUHAN dalam hidup kita dan melihat bagaimana langit terbuka menghujankan malaikat malaikat yang siap melayani kita. Lalu kata Yesus kepadanya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Melalui perayaan ini, kita disadarkan bahwa dalam hidup ini, kita tidak pernah sendirian, selalu ada tiga malaikat agung yang melindungi kita. Malaikat Agung inilah yang mendorong kita untuk menjadi sarana perjumpaan Kasih Allah di tengah dunia ini, mulai dari dalam komunitas, keluarga dan di mana saja kita berada.

Marilah kita berdoa:
Malaikat Allah, Malaikat pelindungku, kepada siapa kebaikan Bapa Surgawi mempercayakanku. Terangilah, lindungilah dan bimbinglah aku sekarang dan selama-lamanya, Amin

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS