SENDAL SERIBU, Senin, 01 Agustus 2022: Milikilah Hati yang Berbelaskasih

redaksi - Senin, 01 Agustus 2022 11:01
SENDAL SERIBU, Senin, 01 Agustus 2022: Milikilah Hati yang BerbelaskasihIlustrasi Injil Matius 14:13-21 (sumber: www.katolikku.com)

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru

SENIN, 01 AGUSTUS 2022
PW. ST. ALFONSUS MARIA DE LIGUORI, USKPUJG
Mat. 14:13-21. [Thn. V/VIII/212/2022]
Pst. Riano Tagung, Pr

Marilah kita berdoa: Allah Bapa Yang Mahakuasa, Engkulah kekuatan kami dalam melawan dosa. Lindungilah dan jagalah kami dari segala tipu daya kenikmatan duniawi dengan bertekun melaksanakan SabdaMu. Dengan pengantaraan Tuhan kami Yesus Kristus PuteraMu yang Hidup dan Berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa, Amin.

Matius 14:13-21
Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. 

Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka. Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa." 

Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."  

Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." Yesus berkata: "Bawalah ke mari kepada-Ku." Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. 

Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. 

 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh. Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.

MILIKI HATI YANG BERBELAS KASIH!!!!
Pastor Riano Tagung, Pr

“HATI disentuh oleh Kasih Karunia ALLAH untuk peka terhadap kebutuhan sesama. Keluar dari diri sendiri untuk menjumpai sesama bukan karena kita berkelimpahan harta duniawi tetapi karena hati kita berkelimpahan KASIH KARUNIA ALLAH.”

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
HATI yang penuh belas kasih  hendaknya harus menjadi awal dari setiap tindakan kita setiap hari. HATI menuntun kita untuk keluar dari sendiri, meninggalkan segala yang ada di dalam diri untuk menjumpai sesama yang berkekurangan bukan karena kita lebih tapi karena kita menyadari bahwa dari kekurangan yang kita miliki, masih ada CINTA yang berkelimpahan untuk dibagikan kepada semua orang.

Bacaan Injil pada hari ini, mengisahkan tentang YESUS yang memberi makan 5000 orang. Kisah ini  bertitik tolak dari HATI YANG TERGERAK OLEH BELAS KASIH. YESUS tahu apa yang menjadi kebutuhan dan kerinduan kita. 

Yang sakit disembuhkan. Yang lapar dipuaskan. Yang hauas dilegakan. Hati yang penuh belas kasih memberi dari kekurangan yang dibaluti dengan cinta yag tulus dan kepasrahan yang total kepada ALLAH. 

Bukankah ini nampak jelas dari jawaban YESUS kepada para rasulNya: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."  Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." 

Yesus berkata: "Bawalah ke mari kepada-Ku." Kita harus bawa seluruh hidup kita kepada YESUS, minta berkat dari YESUS sendiri agar segala yang kurang DIA sendiri yang genapi, segala yang buruk DIA sendiri yang perbaiki, segala yang salah DIA sendiri yang membenarkannya.  

Ketika kita berani menyerahkan semuanya kepada YESUS, maka hidup akan berkelimpahan rahmat dan cinta. Hati yang keras akan menjadi hati yang penuh belas kasih.

Sahabat SENDAL SERIBU yang terkasih,
Kita sering mengatakan “tunggu saya punya ini, itu, berkelimpahan harta baru saya akan membantu…” Tapi, kapan? 

Bagaimana kalau saya tidak berkelimpahan harta/ kaya secara materiil, maka itu berarti bahwa saya tidak akan pernah membantu orang lain? YESUS mendobrak kebiasaan dan pikiran semacam ini. APA YANG ADA PADAMU! KAMU HARUS MEMBERI MEREKA MAKAN! 

Jangan cemas dan ragu, ADA YESUS YANG MEMBERIKAN KELIMPAHAN di dalam hidup kita.  HATI YANG BERBELAS KASIH TIDAK AKAN MEMPERHITUNGKAN UNTUNG RUGI. HATI YANG BERBELAS KASIH hanya ingin agar setiap orang BERSUKACITA DAN MENGALAMI KASIH ALLAH.

SEMOGA kita memiliki hati yang BERBELAS KASIH INI agar hidup kita menjadi sebuah pujian dan syukur bagi ALLAH dan sesama, sehingga orang akan “makan sampai kenyang” karena telah merasakan kebaikan HATI KITA. TUHAN YESUS MEMBERKATI!

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr
PAROKI SANTU YUSUF, BENTENG JAWA

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita. ***

RELATED NEWS