SENDAL SERIBU: Senin, 20 Desember 2021: Hari Ini, Beriman Seperti Maria!

redaksi - Senin, 20 Desember 2021 12:40
SENDAL SERIBU: Senin, 20 Desember 2021: Hari Ini, Beriman Seperti Maria!Ilustrasi:Lukas 1:26-38. (sumber: www.jakolikku.com)

RENUNGAN HARIAN KATOLIK, SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru oleh Pastor Riano Tagung, Pr

SENIN, 20 DESEMBER 2021, PEKAN KHUSUS MASA ADVEN: Yes 7: 10-14  dan Lukas 1:26-38.

Marilah kita berdoa:  Salam mempelai Sang Penebus, Mempelai Santa Perawan Maria, kepadamu Allah mempercayakan PuteraNya yang tunggal, di dalam dirimu Maria menaruh kepercayaannya. 

Santo Yosef kepada kami juga, perlihatkanlah dirimu seorang  bapa dan bimbing kami di jalan kehidupan. Perolehkan bagi kami rahmat, belas kasih dan keberanian serta lindungi kami dari setiap kejahatan, kini dan sepanjang masa, Amin.

Bacaan Injil Lukas 1:26-38: 
Dalam bulan yang keenam Allah mengutus malaikat Gabriel ke sebuah kota di Galilea, bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf, dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. 

Ketika masuk ke rumah Maria, malaikat itu berkata, "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau." Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hati, apakah arti salam itu. 

Kata malaikat itu kepadanya, "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 

Ia akan menjadi besar dan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya. Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya, dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." 

Kata Maria kepada malaikat itu, "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" Jawab malaikat itu kepadanya, "Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 

Dan sesungguhnya, Elisabet sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, dan inilah bulan yang keenam bagi dia yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." Maka kata Maria, "Sesungguhnya aku ini hamba Tuhan; terjadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan Maria.
 

Pastor Ryano Tagung, Pr

Renungan SENDAL SERIBU: HARI INI, BERIMANLAH SEPERTI MARIA!
“Mereka yang percaya seperti Bunda Maria, melahirkan Yesus dalam hati mereka dan membentuk mereka dari orang yang tidak beriman menjadi orang yang beriman” Santo Fransiskus Asisi.

Hari ini, Bunda Maria telah membuktikan kepada kita betapa rencana Allah diatas segala keinginan manusia. Itu hanya bisa terjadi, bila ada iman. Iman Maria telah membuka ikatan belenggu terhadap keinginan duniawi dan mengikat diri sepenuhnya pada rencana dan kehendak Allah. Kasih Karunia yang telah mengalir dan melimpah dalam diri Maria tidak sia-sia. 

Bunda Maria mengandung Yesus dalam iman. Fiatnya telah menegaskan hal itu.

Apa yang terjadi dalam diri Maria hari ini, juga akan terjadi dalam diri kita, bila kita mau beriman seperti Maria. Kita mempersiapkan hati kita, menjadikan hati kita bersih dan tulus bagi kediaman Sang Sabda yang akan menjelma menjadi daging dalam diri kita. 

Natal sudah dekat. Karena itu, kita harus membersihkan hati kita ini agar kita layak untuk menerima Yesus. Sekali lagi, di sini, dibutuhkan iman yang teguh seperti Bunda Maria. 

Kita harus memercayakan seluruh diri kita kepada Allah, melepaskan segala keinginan daging kita dan mengarahkan diri sepenuhnya hanya kepada kehendak Allah.  Sebagaimana yang pernah dikatakan Paus Fransiskus, “kita harus memberikan kepada Dia, tangan kita untuk menolong orang yang lemah dan miskin, kaki kita untuk berjalan dan bertemu dengan saudara-saudara kita; lengan kita untuk menopang yang lemah dan untuk bekerja di kebun anggur Tuhan; pikiran kita untuk berpikir dan bertindak dalam Terang Injil; dan terutama hati kita untuk mengasihi dan untuk membuat pilihan seturut kehendak Allah.”  

Semuanya ini bisa kita lakukan, kalau kita membawa Maria ke dalam hidup kita, ke dalam keluarga kita dan kedalam komunitas kita. Bersama, di dalam dan melalui Maria, kita dibawa kepada Yesus, untuk dikuduskanNya dan menjadi alat di tangan Allah sehingga melalui kita, manusia yang lemah dan berdosa ini, Yesus menyatakan kasih dan kehendakNya. Yesus bekerja melalui kita di dalam keluarga, komunitas dan di mana saja kita berada.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI  
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=

Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia.

RELATED NEWS