SENDAL SERIBU, Senin Oktober 2021: Doa Rosario: Bertumbuh dalam Hikmat dan Tobat

redaksi - Senin, 11 Oktober 2021 09:03
SENDAL SERIBU, Senin Oktober 2021: Doa Rosario: Bertumbuh dalam Hikmat dan TobatIlustrasi: Injil Lukas 11:29-32 (sumber: Istimewaa)

Pastor Ryano Tagung,  Pastor Rekan Paroki Santu Klaus Kuwu, Keuskupan Ruteng

 

SAPA PAGI DARI RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENDAL SERIBU: Setetes Embun Sabda Allah Selalu Memberi Inspirasi Baru
HARI BIASA, PEKAN BIASA XXVIII
Marilah kita berdoa: Allah Bapa yang Maha Pengasih, Engkau menuntun semua orang untuk percaya kepadaMu. Kami mohon berilah kami kekuatan agar setia melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami seturut teladan Yesus Kristus PuteraMu. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami, yang Hidup dan Berkuasa bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa, Amin.

Bacaan Injil: Lukas 11:29-32. 
[Thn. V-SS/281/10/2021]

Sekali peristiwa Yesus berbicara kepada orang banyak yang mengerumuni Dia, "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menuntut suatu tanda, tetapi mereka tidak akan diberi tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab sebagaimana Yunus menjadi tanda bagi orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda bagi angkatan ini. Pada waktu penghakiman ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sungguh, yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sungguh, yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

DOA ROSARIO: BERTUMBUH DALAM HIKMAT DAN TOBAT

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
BERPALINGLAH kepada Maria, Ibu paling suci, Bunda surgawimu, berdoalah kepadanya dengan semangat, terutama dengan doa Rosario berserulah kepadanya setiap hari agar kalian menjadi pengikut sejati Kristus pada zaman kita [St. Yohanes Paulus II, 19 Oktober 1985].

Hari ini kita memasuki hari ke-11 Ziarah Rosario Santa Perawan Maria. Tapak demi Tapak telah kita lalui bersama Maria Ratu Rosario. Tentu setiap tapak yang telah, sedang dan akan kita isi dengan lantunan Salam Maria saat jari jemari melewati bulir Rosario membuat kita semakin berkobar-kobar untuk mencintai Tuhan, memperkaya kita dengan rahmat, berkat dan hikmat serta membawa kita semakin bersatu dengan YESUS, sebab “di antara semua makhluk, tidak seorang pun mengenal Kristus lebih baik daripada Maria; tak seorang pun dapat mengantar kita untuk sungguh-sungguh mengenal misteri Kristus lebih baik daripada Maria.” [RVM 14].

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Hari ini, Yesus mengecam orang-orang yang mengerumuni DIA dengan mengatakan bahwa angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Sabda YESUS: “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menuntut suatu tanda, tetapi mereka tidak akan diberi tanda selain tanda nabi Yunus.”

Sebutan angkatan jahat terjadi ketika hati menjadi keras dan tertutup kepada kerahiman Allah. Berada di sekitar YESUS tapi tidak membuka hati bagi kehadiranNYA, kehilangan Kebijaksanaan Allah dan keenggenan untuk bertobat, yang membuat kita tidak mampu menangkap kehadiran YESUS. Kehadiran dan keberadaan kita di sekitar YESUS hanyalah sebuah kehadiran fisik belaka tanpa melibatkan rasa untuk mencintai dan ingin bersatu lebih erat dengan YESUS. Itu sama halnya dengan kita berdoa ROSARIO, tetapi kita belum sungguh mengalami sendiri perjumpaan dengan YESUS dalam doa Rosario. Ketika kita kehilangan unsur kontemplasi dalam berdoa Rosario, maka kita akan berada di luar dari seluruh misteri hidup YESUS. Maka doa Rosario hanya menjadi sebuah pengulangan mekanis, tanpa arti dan makna.

Sahabat SETIA SENDAL SERIBU yang terkasih dalam KRISTUS TUHAN,
Dalam dan dengan BERDOA ROSARIO, maka kita akan ditarik untuk MENCINTAI HIKMAT KEBIJAKSANAAN ALLAH dan BERTUMBUH DALAM SEMANGAT PERTOBATAN. Oleh karena out, berdolah senantiasa ROSARIO agar misteri-misteri kehidupan, kematian dan kemuliaan YESUS mampu memberikan kepada kita hasil yang sangat mengagumkan, menumbuhkan kebijaksanaan ALLAH di dalam hati dan membangkitkan rasa tobat, untuk meninggalkan cara lama untuk memulai sesuatu yang baru.

Semoga dengan doa-doa Rosario yang senantiasa kita panjatkan di dalam hidup ini, mampu menghantar kita kepada Kebijaksanaan ALLAH dan PERTOBATAN YANG SEJATI.

Salam dan doaku KASIH PUTIH dari HATI yang TULUS MENCINTAI 
Berkat dan doaku
Pastor Ryano Tagung, Pr

Omnia Sunt Gratia Caritate Dei 
SEMUA KARENA KASIH KARUNIA ALLAH!
=1 Kor 15:10=
Renungan SENDAL SERIBU, sejak 10 Mei 2017
Servire Dio Con Amore e Gioia
Melayani Allah dengan Cinta dan Sukacita.***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS