Serangan Terbaru Rusia Menambah Penderitaan di Ukraina

redaksi - Selasa, 04 Juli 2023 08:54
Serangan Terbaru Rusia Menambah Penderitaan di UkrainaLedakan besar setelah pesawat tak berawak Rusia memborbardir Ukraina selama dua pekan terakhir (sumber: Vatican News)

KYIV (Floresku.com) -  Paus Fransiskus menyerukan doa dan perdamaian di Ukraina pada hari Minggu 02 Juli 2023, setelah penduduk di Kyiv terjaga semalaman oleh serangan pesawat tak berawak Rusia dalam hampir dua pekan terakhir.

Stefan J. Bos, jurnalis Vatican News melapaorkan sirene serangan udara meraung-raung di Kyiv yang membangkitkan mata para penduduk. Serangan pesawat tak berawak Rusia semalam di ibu kota Ukraina terjadi setelah jeda 12 hari.

Ledakan yang menyerupai suara sistem pertahanan udara mengenai target bisa terdengar, dan kilatan oranye terlihat di langit.

Otoritas Ukraina kemudian mengklaim bahwa sistem pertahanan udara mereka menghancurkan semua target saat mereka mendekat.

Pejabat militer mengatakan penembakan Rusia juga menghantam daerah pemukiman di kota Kherson, Ukraina selatan pada hari Minggu, melukai beberapa orang.

Penembakan itu dilaporkan menghantam gedung perumahan bertingkat tinggi, apotek, dan restoran. Para korban, yang kini dirawat di rumah sakit, termasuk seorang pria berusia 50 tahun.

Pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia dikatakan berlanjut di Kherson, dekat Jembatan Antonivsky yang hancur di atas Sungai Dnipro.

Sementara itu Ukraina telah mengklaim beberapa kemajuan dalam serangan balasannya terhadap invasi pasukan Rusia, semuanya tidak baik di garis depan karena kritik telah muncul setidaknya pada beberapa senjata Barat.

Keluhan atas senjata

Seorang komandan Ukraina mengeluh bahwa kendaraan tempur infanteri AMX-10 RC Prancis yang sangat mobile – terkadang digambarkan sebagai tank ringan – “tidak praktis” untuk serangan garis depan. 

Dia mengatakan satu awak beranggotakan empat orang telah tewas karena lapis baja kendaraan yang tipis.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berterima kasih kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron baru-baru ini karena mengirim tank tempur ringan ke Kyiv, dan Oleksiy Reznikov, menteri pertahanan Ukraina, bahkan terekam sedang mengendarainya.

Namun setelah hampir 500 hari perang, penduduk berusaha mengatasi kecemasan terkait konflik bersenjata yang menewaskan dan melukai ratusan ribu orang.

Di seberang perbatasan di Polandia, tempat lebih dari 3,5 juta pengungsi dari Ukraina tiba sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu, ada kekhawatiran tentang dampak regional perang tersebut.

Pada hari Minggu (2 Juli), pemerintah Polandia mengumumkan akan mengirim 500 petugas polisi khusus ke perbatasannya dengan Belarusia, sekutu dekat Rusia.

Pekan lalu, Warsawa mengumumkan pengetatan keamanan karena kekhawatiran atas kehadiran kelompok tentara bayaran Wagner Rusia di Belarusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan pasukan Wagner pilihan untuk pindah ke negara itu. Tapi hal itu menimbulkan ketakutan di Polandia dan anggota timur lainnya dari aliansi militer NATO bahwa kehadiran mereka akan menyebabkan ketidakstabilan yang lebih besar di wilayah tersebut. (Sil/Sumber:Vatican News).

RELATED NEWS