SERI ORANG KUDUS, 29 September: Malaikat Agung: Mikael, Gabriel dan Rafael

redaksi - Rabu, 29 September 2021 07:46
SERI ORANG KUDUS, 29 September: Malaikat Agung: Mikael, Gabriel dan Rafael Malaiakat agung Gabriel, Rafael dan Mikael (sumber: id.pinerest.com)

Oleh RD Egidius Pareira
 


Para Rekan Klerus, Para Saudaraku terkasih
Salam Rabu

Malaikat Agung Santu Gabriel
Gabriel artinya Kekuatan Allah. Kisah Malaikat Gabril dapat kita temukan dalam berbagai ayat Kitab Suci. Dalam Injil Lukas, Malaikat Gabriel datang sebagai Pembawa Kabar Gembira tentang Kelahiran Yesus. Malaikat Gabriel masuk ke rumah Bunda Maria dan memberi Salam (bdk Lukas 1, 26-38)

Malaikat Agung Santu Mikael
Mikael berarti 'Siapakah seperti Tuhan'. Malaikat Mikael disebut sebagai Penghulu Malaikat. Kitab Daniel menyebut bahwa dia akan muncul pada akhir zaman sebagai Pemimpin Besar (Daniel 12,1). Selain itu ia juga disebutkan dalam suatu perselisihan dengan Iblis mengenai Mayat Musa. Malaikat Mikael tidak berani menghardik Iblis, namun ia mengatakan: 'Kiranya Tuhan menghardik engkau! (Yud 1,9)'.

Malaikat Agung Santu Rafael
Rafael berarti 'Tuhan yang menyembuhkan'. Kisah Malaikat Rafael dapat ditemukan dalam Kitab Tobit 3,17; 12,15. Ia menyebut diri sebagai salah seorang dari ke 7 Malaikat yang Melayani Allah (bdk Wahyu 21,9; Tobit 12,15). Ia berperan dalam menyembuhkan mata Tobit yang buta dan menjadi Pelindung bagi Tobias dalam upaya mencarikan obat untuk menyembuhkan ayahnya, Tobit. Selain itu, ia melepaskan Tobias dari pengaruh setan Asmodeus (Tobit 3, 17).

Kita mengakui dan mengimani keberadaan makhluk Rohani tanpa Badan yang disebut Malaikat. Keberadaan Malaikat merupakan kebenaran Iman, Kesaksian Kitab Suci dan Kesepakatan Tradisi: Bahwa ada Makluk Rohani tanpa Badan, yang oleh Kitab Suci biasanya dinamakan 'Malaikat', adalah satu kebenaran Iman, Kesaksian Kitab Suci dan Kesepakatan Tradisi (Katekismus Gereja Katolik 328).

Dalam Konsili Roma tahun 745 di bawah Kepemimpinan Paus Santu Sakaria, Gereja Katolik secara resmi mengakui hanya 3 dari 7 Malaikat: Santu Mikael, Santu Gabriel dan Santu Rafael. Alasan Gereja Katolik mengakui hanya 3 Malaikat Agung adalah karena ke 3 Malaikat inilah yang disebutkan Kitab Suci;  3 Malaikat ini tersebut secara resmi diakui sebagai nama Malaikat dalam doktrin Gereja Katolik. Sementara 4 lainnya diakui sebagai Kelompok Kerubim atau Makluk Surga, yaitu: Santu Uriel, Santu Yehudiel, Santu Barachiel, Santu Sealtiel.

Ya Malaikat Agung Mikael Gabriel dan Rafael, ya Malaikat Pelindung kami masing-masing, bantu kami jaga kami, lindungi kami, tuntun kami agar hanya melewati jalan yang benar menuju Kemuliaan Surgawi. Amin.
Selamat beraktifitas. 
Semoga Sehat Selalu. Horas.
✝️
(Oppung Rm Egi)***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS