Sie Provos dan Propam Sidak Polsek di Jajaran Polres Matim pada Malam Hari

redaksi - Jumat, 18 Februari 2022 14:01
Sie Provos dan Propam  Sidak Polsek di Jajaran Polres Matim pada Malam HariSuasana Sikda di Sidak pada Rabu, 17 Februari 2022 mlam hari di Kantor Polsek Kota Komba, Matim. (sumber: Istimewa)

BORONG (Floresku.com)-- Seksi (Sie) Provos dan Paminal (Propam) Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Timur (Matim) menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di Polsek jajaran Polres Matim.

Kegiatan sidak yang dilaksanakan oleh Sie Propam Polres Matim ini bertujuan untuk mengecek kesiapsiagaan dan kedisiplinan Personil dalam pelaksanaan tugas yang dipimpin langsung oleh Kasi Propam Polres Matim, IPDA Ida Bagus K.S. Adi Negara atas perintah langsung dari Kapolres Matim, AKBP I Ketut Widiarta, S.H.,S.I.K.,M.Si.

Dalam Kegiatan kali ini Sie Propam bergerak pada malam hari. Berangkat dari Polres Matim sekitar pukul 22:30 Wita, Kasi Propam Polres Matim, IPDA Ida Bagus beserta anggota melakukan inspeksi mendadak kepada 2 (dua) Polsek di antaranya, Polsek Kota Komba dan Polsek Borong pada Rabu, 16 Februari 2022 kemarin.

Kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) personil Polri oleh Seksi Propam ini dilakukan mulai dari ruang pelayanan SPKT, ruang tahanan, buku mutasi, buku kunjungan tamu, senjata api inventaris Polsek serta sarana dan prasarana Polsek lainnya.

“Kami dari Seksi Propam sengaja melaksanakan pengecekan pada malam hari untuk mengukur sejauh mana kesiapan anggota dalam melayani masyarakat pada malam hari,” kata IPDA Ida Bagus.

"Dan sekali lagi saya sampaikan, ini (sidak) bukan untuk mencari kesalahan anggota tapi murni kita menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam penegakkan disiplin anggota Polri dan juga sebagai tindak lanjut untuk melihat apakah anggota betul-betul menjalankan tugasnya atau tidak, bekerja sesuai SOP atau tidak. Kalau ada yang tidak beres tentu kita berikan sanksi atau teguran sesuai jenis pelanggarannya, bisa berupa teguran atau tindakan disiplin," jelasnya.

Ia juga menyampaikan kepada anggotanya, meski berdinas malam hari mesti selalu tetap siap siaga.
Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi bila terjadi suatu peristiwa yang bersifat penting atau bahaya dan butuh penanganan cepat anggota kepolisian.

"Dalam situasi apapun kita harus tetap siaga. Kalau mau istirahat harus gantian, tidak boleh semuanya tidur karena ketika ada masyarakat yang lapor, mereka tahu kalau Polisi itu ada dan siap memberikan pelayanan untuk mereka," ungkapnya.

"Kemudian sarana prasarana mako harus betul-betul kita rawat, kita jaga supaya usia pakainya bisa lama. Kalau makonya bersih, tentu kita merasa nyaman saat melaksanakan tugas. Begitupun senjata api, harus betul-betul siap pakai sehingga ketika turun TKP, senjata api yang terawat ini bisa kita gunakan ketika dalam situasi mendesak atau membahayakan nyawa," tutupnya. (Filmon Hasrin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS