Simak! Pengalaman Jurnalis DetikOto Menjajal Mobil Listrik BMW iX, Kendaraan Resmi Para Pemimpin ASEAN pada KTT di Labuan Bajo

redaksi - Selasa, 30 Mei 2023 10:41
Simak! Pengalaman Jurnalis DetikOto Menjajal Mobil Listrik BMW iX, Kendaraan Resmi Para Pemimpin ASEAN pada KTT di Labuan BajoBMW iX memiliki jarak tempuh hingga 420 km sehingga tidak perlu khawatir kehabisan baterai. (sumber: Agung Pambudhy/DetikOto)

JAKARTA (Floresku.com) – Sebagaimana diberitakan oleh berbagai media elektronik dan online selama KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggara Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 9-11 Mei d023 lalu, para kepala negara anggota ASEAN menggunakan mobil listrik BMW iX xDrive40 Sport.

Pertanyaannya, mengapa pemerintah Indonesia selaku tuan ruma KTT ASEAN memilih untuk menggunakan mobil listrik jenis itu?

Apa saja keunggulannya disbandingkan dengan mobil mewah lainnya?

Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa disimak dalam ulasan berikut.

Sebagai Panitia Nasional Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo, Kementerian Sekretariat Negara telah mendapatkan pinjaman sebanyak 13 unit BMW iX berwarna putih dari PT BMW Indonesia yang akan digunakan oleh para kepala negara dalam perhelatan tersebut. 

“Kami sebetulnya waktu itu menawarkan warna hitam karena biasanya kita menggunakan warna tersebut untuk mendukung kegiatan VVIP. Kemudian Presiden Joko Widodo menginginkan warna putih karena sesuai dengan kondisi di sana yang lumayan panas. Selain itu, menurut beliau jenis SAV ini cocok sekali digunakan di Labuan Bajo yang memiliki kontur menanjak dan menurun,” kata Sekretaris Kementerian Sekretarian Negara, Setya Utama, dalam siaran pers, dikutip Kata Data, Jumat (14/4).

Untuk mengenali seluk beluk mobi listrik mewah tersebut, sebelum digunakan oleh para kepala negara, tim jurnalis detikOto berkesempatan menjajal langsung SAV (Sport Activity Vehicle) ramah lingkungan dari BMW ini langsung di Labuan Bajo selama dua hari berturut-turut.

 “Kami memanfaatkan kesempatan itu untuk menjelajah beberapa tempat wisata di Labuan Bajo seperti Bukit Sylvia, Pantai Waecicu, hingga ke Kampung Adat Melo,” begitu tulis Dina Rayanti sebagaimana dirilis DetikOto, Selasa, 30 Mei 2023. 

Mobil punya tenaga cukup buas sehingga dengan mudah melahap jalan menanjak. Foto: Agung Pambudhy/DetikOto

Menurut Dina, di Labuan Bajo, sebagian besar jalanannya sudah di aspal. Namun kebanyakan jalurnya cukup meliuk-liuk. 

“Terlebih ketika kami mengunjungi Kampung Melo yang terletak di Desa Liang-Ndara, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Untuk menuju Desa Adat Melo, membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari pusat kota. Tapi, jalanan yang dituju cukup menantang. Jalannya sempit, menanjak, dan meliuk cukup tajam,” ungkapnya.

Akan tetapi rupanya, dia menambahkan,  jalanan berliku nan menanjak itu bukan masalah berarti bagi BMW iX xDrive. 

“Kami dengan mudah melahap jalan pun dengan tenaganya sangat besar ketika masuk tanjakan. BMW iX xDrive40 Sport dibekali dengan motor listrik berdesain khusus yang memberikan efek positif pada karakteristik performa motor,” tulisnya lagi.

Motor listrik itu memiliki tenaga 326 daya kuda dan torsi 630 Nm. Tak heran kalau akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 6,1 detik. Kami juga sempat menjajal akselerasi BMW iX xDrive40 Sport di jalanan kosong dan terbukti hanya hitungan detik kecepatan 100 km/jam bisa ditempuh.

Mobil ini dilengkapi dengan eksitasi rotor yang dikontrol secara presisi dengan menggunakan tenaga listrik memungkinkan torsi puncak untuk di tekan secara penuh segera saat ditarik. 

Berbeda dengan motor listrik berdesain konvensional, torsi tersebut dipertahankan pada pita putaran yang sangat lebar. Ini juga menjadi ciri khas dari BMW iX yang memiliki tarikan tenaga yang besar dan konsisten. Makanya, tanjakan yang curam pun dapat dengan mudah dilahap SAV mewah ini.

Mengunjungi Kampung Adat Melo di Labuan Bajo. Foto: Agung Pambudhy/DetikOto

Motor listrik itu juga didukung oleh teknologi BMW eDrive generasi kelima dengan penggerak semua roda elektrik. Saat kami melintas di jalanan becek dan lubang cukup dalam mobil sama sekali tak mengalami kesulitan.

Motor listrik, transmisi, dan elektronika daya BMW iX hadir bersama sebagai paket yang sangat terintegrasi dalam satu atap. Konstruksi kompak ini menguntungkan efisiensi sistem penggerak. 

Selain didorong oleh aerodinamis yang dioptimalkan dan desain ringan yang cerdas,BMW iX menghasilkan efisiensi yang menonjol untuk segmennya. Konsumsi daya listrikBMWiXxDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh per 100 kilometer.

“Selain menikmati pemandangan yang indah di Labuan Bajo, kami juga dimudahkan dengan BMW iDrive yang bisa berperan sebagai asisten untuk mengontrol mobil hanya melalui perintah suara sepanjang perjalanan. Hanya perlu mengatakan 'Hey, BMW' kami bisa meminta mobil melakukan perintah dalam waktu cepat,” ungkap Dina.

Dia bersaksi bahwa sepanjang perjalanan mengitari Kota Wisata Premium Labuan bajo, ia merasa bosan berkat kehadiran sistem hiburan berupa layar sentuh berukuran 14,9 inchi yang telah dibekali BMW Operating System 8. 

“Kami juga dengan mudah menyambungkan ke Apple CarPlay untuk membantu navigasi selama di Labuan Bajo,” katanya lagi.

Itu tadi impresi singkat mengendarai SAV listrik mewah BMW iX xDrive40 Sport di Labuan Bajo. 

Tidak heran dengan ragam kemewahan, performa, serta fitur yang ditawarkan membuat BMW iX xDrive40 Sport terpilih menjadi tunggangan para kepala negara sepanjang perhelatan KTT ASEAN Labuan Bajo belum lama ini. (Sumber: DetikOto).

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS