Simon Subandi Supriadi Dilantik Jadi Anggota DPRD Sikka PAW Masa Jabatan 2019-2024.

redaksi - Selasa, 08 Maret 2022 14:07
Simon Subandi Supriadi  Dilantik Jadi Anggota DPRD Sikka PAW Masa Jabatan 2019-2024.Pelantikan Simon Subandi menjadi aggota DPRDSika PAW, di Gedung DPRD Sikka, Lepo Kula babongSelasa, 07 Maret 2022. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Simon Subandi Supriadi  dilantik menjadi anggota DPRD Sikka Penggantian Antarwaktu (PAW) Masa Jabatan 2019-2024. 

Acara pelantikan dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa Masa Sidang II Tahun Sidang 2021/2022, di Gedung DPRD Kabupaten Sikka, Kula babong, Selasa, 08 Maret 2022, siang.

Simon Subandi Supriadi dilantik sebagai anggota DPRD Sikka PAW menggantikan Yohanes Raga Imung yang meninggal dunia pada 28 Desember 2021 lalu.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sikka Donatus David didamping Wakil Ketua DPRD Sikka Yoseph Karmianto Eri dan Gorgonius Nago Bapa.

Hadir saat itu Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, Wabup Sikka Romanus Woga, Danlanal Maumere Kolonel Dwi Yoga, Kapolres Sikka AKBP Nelson Pilipe Diaz Quintas, dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah.

Ketua DPRD Sikka Donatus David mengatakan peristiwa pelantikan anggota DPRD adalah  bagian dari proses dan mekanisme demokrasi yang harus dilalui sebagaimana amanat konstitusi, serta diatur khusus dalam pasal 113 ayat ( 1 ) Peraturan Tata Tertib DPRD Sikka bahwa “ Anggota DPRD pengganti antar waktu sebelum memangku jabatanya, mengucapkan sumpah atau Janji yang dipandu oleh Pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna “

Adapun pengucapan sumpah/janji PAW Anggota DPRD Kabupaten Sikka sisa Masa jabatan 2019-2024  dikukuhkan melalui Surat Keputusan Gubernur NTT Nomor : PEM.171.2/I/56/2022,  tanggal 4 maret 2022, tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Sikka dan Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Sikka masa jabatan 2019 - 2024, serta Keputusan Pimpinan DPRD Sikka Nomor: 3/Pim.DPRD/2022 tentang perubahan ke Dua atas lampiran keputusan Pimpinan DPRD Nomor 1/ Pim.DPRD/2022 tentang jadwal waktu dan acara rapat DPRD Kab. Sikka bulan Januari s/d April 2022 tanggal 1 Maret 2022.

Ajakan Bupati Sikka

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo  dalam sambutan mengatakan  'atas peristiwa ini, saya meng ajak kita semua untuk pertama-tama, mendoakan keselamatan saudara kita alm. Yohanes Raga Imung. Semoga arwah beliau diterima di Kerajaan Bapa, sebagaimana dijanjikan oleh Sang Putra, Tuhan kita Yesus Kristus."

“Bersama doa itu, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sikka dan segenap rakyat Kabupaten Sikka, mengucapkan limpah terima kasih atas semua jasa-jasa saudara Yohanes Raga Imung yang telah beliau persembahkan bagi Masyarakat dan Daerah ini, baik sebagai ASN maupun kemudian sebagai wakil rakyat,,” ujarnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sikka dan segenap sakyat Kabupaten Sikka, saya juga mengucapkan profisiat dan selamat bagi Saudara Simon Subandi Supriyadi, atas dilantiknya beliau sebagai anggota antar waktu DPRD Sikka.”

Fransiskus Roberto Diogoebagai kemudian menambahkan, “sebagai bupati yang juga diserahi tanggung-jawab sebagai Pembina Politik di Kabupaten Sikka, izinkan saya menyampaikan beberapa pikiran berikut”.

“Keluhuran politik terletak pada perjuangan memenangkan kepentingan umum dan kesejahteraan masyarakat. Bukan demi kepentingan partai, apalagi kesejahteraan diri sendiri.  Demikian kata Kiai Haji Dr. Abdurrahman Wahid, Presiden RI ke-4, yang juga adalah salah satu deklalator dan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sebagai partai asal saudara Simon Subandi Supriyadi.”

“Seruan Gus Dur yang juga digelari Guru Bangsa Indonesia tersebut, tidak saja penting bagi Partai Kebangkitan Bangsa, tetapi juga bagi kita semua.”

“Seruan tersebut pun senada dengan ajaran Sosial Gereja tentang politik. Dalam dokumen Gaudium Et Spes Nomor 73 misalnya, disinggung hubungan antara politik dan iman kristiani.”

“Gereja mengajarkan bahwa semua kekuasaan harus digunakan untuk kepentingan umum, bukan demi kepentingan pribadi dan partai.” 

"Juga dalam ensiklik Octogesima Adveniens nomor 46 ditegaskan, bahwa tugas politik ialah berusaha memecahkan soal-soal hubungan antara manusia. Dan umat kristiani —terutama para politisi selaku Rasul Awam-diundang untuk terlibat di dalamnya, dan menentukan pilihan mereka sesuai dengan Injil."

Oleh karena  itu, kata Bupati lagi, “kita semua disumpah dengan tangan kiri diletakkan di atas Kitab Suci. Termasuk saudara Simon Subandi Supriyadi barusan. ”

Bupati juga mengajak  seluruh aggota DPRD Sikka untuk meningkatkan pelayanan kepada rakyat.

“Marilah kita bersama-sama mengabdi kepada Rakyat Kabupaten Sikka dengan saling mendukung dan bekerja-sama: berjuang sekuat daya untuk semakin meningkatkan kesejahteraan segenap Rakyat Nian Tana mencapai visi Sikka Bahagia, meraih cita-cita Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

“Jika dalam proses perjuangan itu terdapat tarung ide, tabrakan gagasan, sikutan strategi, dan gesekan metode, maka itulah kekayaan Demokrasi KulaBabong kita, yang harus diolah dengan prinsip-prinsip kearifan lokal kita yaitu Tabetelan, megu mo'ong, tutur doi-doi, harang mawe-mawe demi masyarakat Nian Tana Sejahtera, Adil, merata dan hebat. Sareng Ita Mogat Sawen,'" tandasnya.

Ajakan Ketua DPRD Sikka

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Donatus David  dalam sambutan nya menuturkan   bahwa 
“atas nama pribadi dan pimpinan DPRD Sikka, saya menyampaikan selamat datang dan bertugas kepada Sdr. Ir Simon Subandi Supriadi, wakil rakyat dari Dapil Sikka III,.”

Menurut Donatus, Simon Subandi sesungguhnya bukan orang baru, wajah  lama yang kembali pulang ke Lepo Kula Babong.

“Semoga dapat mengabdi secara optimal sebagai wakil rakyat, dan terima kasih serta doa untuk keselamatan kekal jiwa Alm. Sdr. Yohanes Raga Imung,  atas seluruh dedikasi dan jasa pengabdianya bagi masyarakat Niang Sikka Tanah Alok tercinta,” ujarnya.

Kepada Simon Subandi, KetuaDPRD Sikka mengatakan bahwa “mengawali penugasan  saudara sebagai wakil rakyat, selaku Pimpinan kami menghimbau saudara untuk senantiasa memegang teguh amanah dan kepercayaan masyarakat sebagaimana Sumpah/janji yang telah saudara ucapkan tadi.”

“Ssejatinya saudara harus bisa tampil menunjukan kredibilitas yang handal sebagai orang pilihan, masyarakat senantiasa akan terus memantau, menyoroti dan menilai kinerja kita sebagai anggota DPRD,” ujarnya.

"Olehnya menjadi tanggungjawab bersama untuk menempatkan Lembaga DPRD ini sebagai satu-satunya lembaga yang benar-benar komit dan serius mengemban kepercayaan rakyat, menegakan demokrasi serta mengutamakan perhatian terhadap persoalan-persoalan  rakyat.'

Ketua DPRD juga menegaskan bahwa sebagai anggota DPRD, Simon Subandi harus senantiasa menjaga dan menjunjung tinggi marwah, martabat, kredibilitas, serta kebanggaan dan kehormatan lembaga ini. 

Kemudian, Ketua DPRD mengimbau seluruh anggota DPRD Sikka untuk selalu bekerja sama.

“Saya mengajak kita semua serta seluruh komponen masyarakat mari kita bersama bergandengan tangan, bahu membahu bekerja dengan ikhlas, jujur dan semangat yang tinggi tanpa pamrih, membangun dan  mewujudkan kesejahteraan hidup bersama sesuai harapan kita yang telah tertuang dalam RPJMD Sikka 2018 – 2023, dengan visi, pemenuhan hak-hak dasar masyarakat menuju Sikka bahagia di tahun 2023,” katanya.

“Saya ingin menegaskan bahwa sesuai Tata tertib DPRD, Anggota DPRD setelah dilantik harus didistribusikan dalam Alat Kelengkapan DPRD/AKD,” tandasnya.

"Olehnya akan diagendakan pada paripurna mendatang sambil menunggu usulan dari Fraksi PKB,  yang juga mempunyai hak untuk mengikuti orientasi pelaksanaan tugas pada awal masa jabatan dan secara berkelanjutan agar memahami dan menguasai secara utuh tiga  pilar atau trifungsi DPRD yakni Legislasi, Anggaran dan Pengawasan, guna mampu mengidentifikasi dan membedah tuntas berbagai persoalan aktual yang dihadapi masyarakat,"  pungkasnya. (Mardat).

 

RELATED NEWS