SLOKI MUARA, Sabtu Biasa XXIV, 27 November 2021: Tuhan Beserta Kita Hingga Akhir Zaman

redaksi - Sabtu, 27 November 2021 09:47
SLOKI MUARA, Sabtu Biasa XXIV, 27 November 2021: Tuhan Beserta Kita Hingga Akhir ZamanSuccesfull Saturday . SlokiMuara akhir pekan. Tuhan beserta kita hingga akhir zaman. (sumber: RD Josal)

MAUROLE (Floresku.com) - Pada Sabtu, 26 November 2021 ini  RD Josal Petrus Baleng, Pastor Paroki Salib Suci Maurole kembali mengajak kita  melalui kolom SlokiMuara: Saluran Obrolan Karya Iman Mutiara Utara untuk merenungkan bacaan suci: Dan 7: 15-27 dan Injil Lukas  21: 34-36.

RD Josal

"Pemerintah Kekuasaan dan Keagungan Akan Diberikan Kepada Orang-Orang Kudus, Umat Allah Yang Maha Tinggi." (Dan 7: 15-27) 
"Jagalah Dirimu, Jangan Sampai Hatimu Sarat Oleh Kemabukan Dan Pesta Pora." (Luk 21: 34-36)

Dalam masa Liturgi, setelah Hari Raya Kristus Raja, Umat Katolik seluruh dunia mengarahkan hati pada penantian akan Kelahiran Yesus (masa Adventus). Bacaan injil beberapa hari terakhir menekankan tentang makna keselamatan eskatologis,  atau keselamatan yang sudah berlangsung namun belum selesai hingga akhir zaman dan kedatangan Anak Manusia, Sang Pembebas. 

Nuansa tobat amat terasa dalam Adventus.  Alur bakti dalam kesibukan beraktivitas secara tegas dibarui dalam refleksi untuk memurnikan diri. Karena itu, Adventus menjadi moment berharga untuk mengolah batin dan kepribadian menjadi siap sedia menyambut Kedatangan Tuhan. 

Masa Adventus juga menjadi pintu gerbang kita menyambut Tahun Liturgi yang baru (Tahun C). Selama 4 pekan, kita diharapkan untuk menata hidup sosio religius kita dalam semangat tobat dan pembaharuan diri. 

Dalam satu tahun Liturgi ini (Adven 2021 hingga HR Kristus Raja 2022) Gereja Kristus akan tetap berziarah menatap Kerajaan Allah yang terus menampakan kemuliaanNya, baik dalam untung maupun malang. Seberat apapun hidup mu, mari terus berziarah, mari terus ber-communio dan ber-missio. 

Mari di masa ini, sedapat mungkin kita hindarkan pola hidup hedonis, pesta pora dan prinsip 'carpe diem' yang sering menjebak kita dalam kejatuhan dosa. Jangan Takut. 

Tuhan beserta kita hingga akhir zaman!***

RELATED NEWS