SLOKIMUARA, Senin, 13 September 2021: "Ya Tuhan, Tidak Pantas Saya Datang Pada Tuhan ...."

redaksi - Senin, 13 September 2021 10:48
SLOKIMUARA, Senin, 13 September 2021: "Ya Tuhan, Tidak Pantas Saya Datang Pada Tuhan ...."Siapapun Anda, Tuhan menunggumu. SlokiMuara Awal Pekan (sumber: RD Josal)

Oleh RD Josal Petrus Banleng, Pastor Paroki Salib Suci Maurole, di utara Flores

SlokiMuara: Saluran Obrolan Karya Iman Mutiara Utara

Senin Biasa XXIV, 13 September 2021
1 Tim 2: 1-8 & Luk 7: 1-10
Pesta St Yohanes Krisostomus

"Ya Tuhan, Tidak Pantas Saya Datang Pada Tuhan. Bersabdalah Satu Kata Saja Maka Hambaku Akan Sembuh!"

Kita sering mengucapkan kata-kata Perwira Kapernaum tersebut saat misa (sebelum sambut). Itulah doa dan pernyataan paling tulus dan rendah hati saat kita merayakan ekaristi. Terkadang umat bingung, apa yang ia dapatkan dari Perayaan Ekaristi, mungkin itu membuat dirinya enggan bergabung dalam misa. 

Namun kekayaan Ekaristi terletak pada ajakan untuk terbuka dalam pertobatan; keberanian untuk bercermin pada Sabda Tuhan dalam bacaan dan rendah hati mempersembahkan syukur atau memberi derma dengan sungguh, tidak asal-asalan (misalnya memberi kolekte 'uang sisa') dan bersatu dalam doa Syukur amat Agung Yesus Kristus sendiri; serta militansi iman karena berkat Tuhan menyertai perutusan kita ke dunia. 

Memang tidak pantas kita datang pada Tuhan karena kita berdosa, tetapi lebih tidak pantas, orang yang menghindar dari Tuhan karena merasa dirinya paling saleh dan benar ataupun paling bersalah dan penuh dosa berat dalam hidupnya. 

Siapapun Anda, Tuhan menunggumu dengan kata-kata mahakudus yang tentu menyembuhkanmu. Anda Sembuh, Sesama pun Sembuh! 

"St Yohanes Krisostomus, sang mulut emas, engkau yang digelar kudus karena teladan dan kehebatanmu berkotbah, Doakanlah kami agar selaras dalam kata dan perbuatan. Amin." (*)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS