Soal Alamat di Buku Bank Siswa Penerima PIP, BRI Maumere Bungkam, DPR dan Pokja PIP Beda Pendapat

redaksi - Kamis, 04 Juli 2024 21:32
Soal Alamat di Buku Bank  Siswa Penerima PIP, BRI Maumere Bungkam, DPR dan Pokja PIP Beda PendapatGedung BRI I, Jl. Jenderal Sudirman No.14 14, RT.14/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210 (sumber: Istimewa)

MAUMERE (Floesku.com) – Pertanyaan sejumlah orang tua/wali siswa penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) perihal alamat sekolah yang  seragam sebagaimana tercantum di buku bank siswa (Floresku.com, Selasa, 2/7), mendapat tanggapan yang berbeda antara DPR RI dan Pokja PIP.

Andreas Hugo Pareira (AHP), anggota Komisi X DPR RI yang membidani pendidikan mengatakan keseragaman alamat itu merupakan indikasi bahwa Bank BRI dan Dapodik bermasalah.

Mengutip EnbeIndonesia (Kamis, 4/7), "Kalau ini (kejanggalan data-red) artinya, entah bank atau Dapodiknya yang bermasalah,”

Oleh karena itu AHP mendesak para orangtua/wali membawa surat KK (Kartu Keluarga) dan surat keterangan dari sekolah supaya bank memperbaiki datanya. 

“Penting bagi anak, orangtua/wali  untuk mengecek data anak di Dapodik sekolah sehingga kalau ada kesalahan diperbaiki dari sekarang sehingga tidak menjadi masalah untuk kepentingan kelanjutan pendidikan anak di kemudian hari. Sekolah dan Dinas Pendidikan agar mau sedikit berbuat untuk memperbaiki data tersebut," pinta AHP sebagaimana ditulis via WA kepada reporter eNBe Indonesia pada Rabu (3/7).

Berbeda dari AHP, Koordinator Pokja PIP Sofiana Nurjanah mengatakan keseragaman alamat yang tercantum di buku bank siswa sebagaimana dipertanyakan oleh para orangtua/wali siswa, bukan merupakan masalah.

“Oh iya, memang seperti ini. Pembuatan  rekening dilakukan di BRI Pusat, Jakarta Pusat. Untuk keperluan identifikasi, digandeng dengan nama sekolah. Jadi, tidak ada masalah (dengan alamat yang seragam itu),” jelas Sofiana kepada Floresku.com, Kamis (04/7) pukul 21.10 Wita.

Menurut penelusuran Flores.com  BRI Pusat berada di  Jl. Jenderal Sudirman No.14 14, RT.14/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210, bukan sebagaimana dicantumkan di buku bank yaitu di Rt1/1 Kota Adm, Jakarta Pusat, Tanah (Abang?)

Sementara itu pihak Bank BRI Maumere yang menerbitkan buku bank siswa hingga berita ini ditayangkan belum memberikan tanggapan atau penjelasan terkait alamat yang tercantum di buku bank siswa. 

Namun,  dari Yoseph, seorang pensiunan karyawan bank swasta nasional  yang berdomisili di Jakarta, Floresku.com mendapat  keterangan bahwa “biasanya, alamat di buku bank ditulis berdasarkan alamat KTP pemegang buku bank. Lalu, identitas bank yang menerbitkan buku bank dapat ditelusuri melalui 4 angka terdepan di nomor rekening.”.

Sebelum mengakhiri pesan WhatsAppnya, AHP berpesan  kepada  pihak media ini untuk ‘kumpukan data-data terkait masalah PIP supaya pada saat reses kita bawa data-data itu ke pihak bank.” (Silvia). 

RELATED NEWS