Songsong Pilkada Flores Timur 2024: PKB Jagokan Stef Ola sebagai Balon Bupati

redaksi - Minggu, 18 Desember 2022 10:39
Songsong Pilkada Flores Timur 2024: PKB Jagokan Stef Ola sebagai Balon BupatiYosep Paron Kabon, Ketua DPC PKB Flores Timur, (sumber: Elen K)

LARANTUKA (Floresku.com) - Meski  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Flores Timur (Flotim) akan digelar  tahun lagi, tetapi suasana politik semakain memanas. Sejumlah partai politik mulai menggulirkan nama bakal calon (balon)  Bupati Flotim periode 2024-2029.

Setelah Partai Nasdem memunculkan nama Anton Doni Dihen, kini giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung nama  Stefanus Ola sebagai balon Bupati.

Figur Sef Ola disebut-sebut bakal menjadi lawan sengitnya Anton Doni Dihen dan Anton Gege Hadjon, inkumben yang ingin maju lagi dalam Pilkada 2024 mendatang.  

Ditemui sejumlah awak media usai Musyawarah Kerja Cabang (Mukecab) III Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Flores Timur, Sabtu 17 Desember 2022, Stefanus mengaku menerima pengsungan tersebut. Hal itu membuatnya bangga lantaran sudah menjadi kader PKB sejak tahun 1999 silam.

"Saya masuk di PKB dari tahun 1999, sudah cukup lama. Sebagai kader, apa pun keputusan partai saya pasti siap. Seperti tadi pak ketua sampaikan bilang siap satu, siap dua, dan siap tiga," katanya mengikuti pernyataan Ketua DPC PKB Flotim, Yosep Paron Kabon.

Ia enggan menyampaikan langkah pembenahan soal keadaan Flores Timur saat ini karena dinilai masih terlalu awal. Ia akan menyampaikan gagasan pembangunan saat dinyatakan menjadi Calon Bupati.

"Itu nanti baru sampaikan. Pada saatnya dan lewat partai, nanti saya akan sampaikan. Tetapi kalau dilihat, Flores Timur hari banyak hal yang perlu kita kejar. Bidang pertanian misalnya, ketahanan pangan apakah sudah sekuat sesuai harapan kebanyakan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Flotim, Yosep Paron Kabon mengatakan, segenap pengurus partai dari tingkat Pusat hingga daerah saat ini sedang melakukan konsolidasi memenangkan Pilpres, Pileg, dan Pilkada.

Terkait Pilkada Flores Timur, ada sejumlah kader murni PKB yang dinilai berpotensial merebut kursi eksekutif usai dijabat pasangan Bereun Senaren, Antonius Hubertus Gege Hadjon dan Agustinus Payong Boli periode 2017-2022.

Sebagai politisi PKB yang saat ini menjabat Wakil DPRD Flotim, Yosep mengaku langkah pertama yang dilakukan yaitu memenangkan pemilihan legislatif secara maksimal.

"Untuk Pilkada kita tetapkan target Bupati dengan catatan pencapaian kita di Pileg maksimal," ujarnya saat diwawancarai wartawan.

Ia mengatakan, sejumlah kader potensial sudah siap menjadi Bakal Calon Bupati Flores Timur periode 2024-2029, termasuk dirinya sebagai Ketua DPC PKB Flotim. 

Berikut nama-nama kader potensial yang dijagokan PKB.

1. Ana Waha Kolin, saat ini anggota DPRD Provinsi NTT.
2. Stefanus Ola, kader murni PKB sejak tahun 1999
3.Lambertus Nuwo Baon, Sekretaris DPD PKB Flotim
4. Yosep Paron Kabon, Wakil Ketua DPRD Flotim sekaligus Ketua DPD PKB Flotim

Mukercab III juga dihadiri Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, Ketua DPD PDI Perjuangan Flotim, Anton Gege Hadjon, Ketua Fraksi Partai Golkar Flotim, Yosep Sani Betan, Ketua DPD NasDem Flotim, Albert Olak Sinuor, Ketua Fraksi Partai Gerindra, Muhidin Demon Sabon, dan Ketua DPD Perindo Flotim, Diston Fernandez.

Penjabat Bupati Doris membuka Mukecab III PKB secara resmi ditandai dengan pemukulan gong. 

Dalam sambutannya, Doris mengatakan urusan demokrasi dan politik merupakan bagian dari nuansa persaudaraan yang akan mendominasi seluruh proses.

"Saya sangat berbahagia. Saya memaknainya sebagai momentum untuk perubahan melalui partai-partai politik. Ini juga bagian dari silaturahmi kita untuk saling mengisi, bertukar pikiran, bagaikana membangun Flores Timur ke depan," katanya.

Doris  mengajak semua partai politik membangun sinergi demi kemajuan Lewotanah Flores Timur tercinta. (Elen K.) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS