Spot Mancing Gratis Anti 'Boncos' di Batam: Surga Bagi Para Angler dan Pemancing Handline

redaksi - Sabtu, 30 September 2023 12:59
Spot Mancing Gratis Anti 'Boncos' di Batam: Surga Bagi Para Angler dan Pemancing HandlineTanjung Pinggir, Sekupang (sumber: Rofin Sela Wolo)

BATAM (Floresku.com) - Memancing merupakan aktivitas mencari ikan menggunakan alat pancing. Ada yang memancing untuk sekadar menyalurkan hobi, adapula yang memang berprofesi sebagai nelayan.

Selain para nelayan yang mencari nafkah, bagi para 'angler' maupun pemancing handline, memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stres.

Aneka jenis ikan yang biasa ditangkap para pemancing di perairan Batam (Foto: Rofin Sela Wolo)

Saat melempar umpan dan menarik ikan tubuh kita mengeluarkan hormon dopamine yang berhubungan dengan penguatan pikiran dan pengelolaan emosi (Giordano, 2021)

Memancing memerlukan kesabaran, mengontrol emosi dan pikiran, itulah tantangannya. Tarikan ikan merupakan sensasi tersendiri bagi para pemancing. Apalagi kalau sampai dapat ikan besar, sangat menyenangkan, bukan?

Aneka jenis ikan yang biasa ditangkap para pemancing di perairan Batam (Foto: Rofin Sela Wolo)

Jika Anda punya hobi mancing dan sedang berada di Batam, berikut ini ada beberapa rekomendasi spot memancing gratis anti 'boncos' yang bisa Anda coba untuk mengisi waktu liburan.

1. Jembatang Barelang 

Jembatang Barelang menghubungkan tiga pulau: Batam, Rempang, Galang. Selain sebagai ikon kota Batam, di bawah jembatan ini ternyata juga jadi spot memancing favorit para angler dan pemancing handline. 

Jembatang Barelang  (Foto: Rofin Sela Wolo)

Jika Anda punya hobi memancing Anda bisa mencoba memancjng dari pinggir atau bisa juga menyewa perahu para nelayan untuk menikmati sensasi tarikan berbagai jenis ikan, salah satunya adalah Tusk Fish (Ikan Toka).

2. Tanjung Piayu Laut

Selain bisa menikmati pemandangan pantai pasir putih yang indah dan suasana kampung nelayan di Piayu Laut, Anda juga bisa memancing. 

Tanjung Piayu Laut (Foto: Rofin Sela Wolo)

Di sini ada banyak spot yang bisa melengkungkan joran pancing. Bagi pemancing handline, sensasi menarik ikan dengan tangan kosong bisa Anda rasakan di sini. Dijamin anti 'boncos'. 

Untuk menambah keseruan memancing kami sarankan Anda untuk menyewa rakit para nelayan. Jenis ikan yang bisa Anda pancing adalah ikan Katarap dan Timun.

3. Tanjung Tritip

Di sini Anda bisa memancing sekaligus 'mencuci' mata dengan pemandangan alam nan indah. Kekayaan laut yang melimpah membuat Anda tidak kesulitan mencari tempat melempar umpan. 

Cukup dari pinggiran sudah bisa tarik ikan besar. Jika Anda penasaran, cobalah memancing saat libur.

Tanjung Tritip, Batam (Foto: Rofin Sela Wolo)
4. Pulau Putri

Jika Anda ingin mancing di Batam kami sarankan untuk mencoba menyebrang ke Pulau Putri, Nongsa. Anda bisa menumpang kapal kayu dengan ongkos murah. 

Di pulau ini Anda bisa memancing dari pinggir. Ikan yang paling sering didapat adalah Diamond Travelly (Ikan Cermin) dan Spannis Flash Snapper (Ikan Timun).

Pulau Putri, Batam (Foto: Rofin Sela Wolo).
5. Tanjung Pinggir, Sekupang

Jika Anda penasaran dengan tarikan ikan Kerapu Sunu dan Timun maka Anda harus mencoba spot ini. Anda tidak perlu menyebrang, bisa datang dan langsung memancing dari area pantai atau duduk di atas jejeran baru alam.

Itulah beberapa rekomendasi spot mancing gratis dan anti 'boncos' di Batam yang bisa Anda coba untuk menyalurkan hobi memancing. (Rofin Sela Wolo). ***

RELATED NEWS