Status Gunung Api Ile Werung di Lembata Naik dari Level Normal ke Waspada

redaksi - Senin, 29 November 2021 14:11
Status Gunung Api Ile Werung di Lembata Naik dari Level Normal ke WaspadaGunung Ile Werung di Lembata (sumber: PVMBG/Mardat)

LEWOLEBA (Floresku.com) - Sejak Minggu (28/11) hingga Senin (29/11) terjadi erupsi dan bualan di perairan selatan di sekitar kompleks Gunung  Ile Werung,  Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Menimbang bahwa aktivitas erupsi ini merupakan salah satu manifestasi aktivitas Gunung Ile Werung maka  pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) menaikkan status Gunung Ile Werung dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) terhitung mulai tanggal 29 November 2021 pukul 10.00 WITA.

Dalam rilisnya yang diterima vivatimur.com,dan di teruskan ke Floresku.com Senin (29/11) PVMBG menjelaskan bahwa pada tanggal 29 November 2021 teramati erupsi dan bualan di perairan selatan di sekitar kompleks Gunung Api Ile Werung, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. 

Kejadian ini telah mengakibatkan naiknya muka air laut. Menurut laporan warga, muka air laut sempat naik pada malam hari tanggal 28 November 2021 dengan ketinggian kurang dari 1 meter dan jarak jangkauan ke darat (inundasi) sekitar 30 meter.

Stasiun pemantauan Gunung Api Ile Werung merekam kejadian erupsi ini mulai pada 28 November 2021 dimulai sejak sekitar pukul 21:52 WITA dan berlangsung sekitar 1 jam. Pada tanggal 29 November 2021 mulai pukul 05:17 WITA aktivitas letusan dan hembusan kembali terekam. Hingga saat ini aktivitas erupsi masih berlangsung namun belum menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Hasil pemantauan lapangan Pengamat Gunung Api Ile Werung pada 29 November 2021 pukul 08:29 WITA (07:29 WIB), teramati asap letusan setinggi lebih kurang 100 meter dari muka laut disertai dengan bualan.

Secara visual, aktivitas bualan ini tidak terjadi di lokasi gunungapi bawah laut Hobal. Lokasinya berada sekitar 1 km di sebelah Selatan Gunungapi Bawah Laut Hobal dan kemungkinan besar masih berasosiasi dengan aktivitas kompleks Gunungapi Ile Werung.

Masyarakat direkomendasikan untuk sementara waktu agar menghindari aktivitas di sekitar pantai di sekitar area lokasi bualan dan menghindari berlayar/melaut di sekitar area tersebut untuk mengantisipasi potensi perubahan/kenaikan muka air laut.

PVMBG terus melakukan pemantauan dan evaluasi aktivitas kompleks Gunungapi Ile Werung dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk melakukan sosialisasi.  (Mardat)

RELATED NEWS