Sudah Divaksin Kok Masih Bisa Terpapar?

redaksi - Rabu, 21 Juli 2021 23:42
Sudah Divaksin Kok Masih Bisa Terpapar?Menkes Inggis Sajid Javid (sumber: CNN.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Hari ini,  Rabu, 21 Juli 2021, satu pejabat Gedung Putih yang sudah divaksinasi dilaporkan terkonfirmasi positif terpapar virus corona tapi bergejala ringan. Dua-tiga hari lalu, Menkes Inggris Sajid Javid juga dikabarkan terpapar meski sudah divaksin.

Belum ada secuil info gerangan merek vaksin apa yg disuntikkan di tubuh dua orang tersebut. Namun kita sama tahu, AS sejauh ini menggunakan vaksin besutan Pfizer, Moderna dan Johson&Johnson untuk program imunisasi nasional. Inggris juga menggunakan vaksin Pfizer, Moderna serta Astra Zeneca, karya spektakuler Sarah Gilbert, ahli vaksin dari Oxford University.

Sudah divaksin kok masih bisa terpapar?

Para ahli epidemiologi atau pakar kesehatan masyarakat sepakat vaksin tak menjamin  seseorang sama sekali tidak bisa terpapar virus corona. Yang disepakati berdasarkan uji klinis, vaksin (dosis lengkap atau memadai) mencegah keparahan jika terinfeksi.

Jadi, entah kita divaksin pakai Pfizer, Moderna, Astra Zeneca, Sinovac, Sinopharm, Sputnik (Rusia) atau Abdala (Kuba), tetap bisa terpapar kalau tidak terapkan prokes ketat di masa gelombang kedua wabah Covid-19 yang didominasi varian delta yang super menular ini.

Maka, tak usah pilih-pilih merek vaksin. Segeralah ambil kesempatan divaksin begjtu tawaran itu ada di depan mata. Sudah banyak fakta terhidang, mereka yang telah divaksin (apalagi dosis lengkap) relatif lebih terproteksi secara medis. (TS)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS