Targetkan 7,4 Juta Wisman, Kemenparekraf Lakukan Misi Penjualan ke Tiongkok

redaksi - Rabu, 19 April 2023 20:04
Targetkan 7,4 Juta Wisman, Kemenparekraf Lakukan Misi Penjualan ke Tiongkok Kemenparekraf Lakukan Misi Penjualan ke Tiongkok Wujudkan Target 7,4 Juta Wisman (sumber: Biro Kom. Kemenparekraf)

JAKARTA (Floresku.com)  - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melakukan misi penjualan ke Tiongkok untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan mencapai 7,4 juta kunjungan.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dalam acara pembukaan “Sales Mission”, di Hilton Hotel Guangzhou, Tiongkok, Senin (17/4/2023) mengatakan Indonesia telah sukses menyelenggarakan banyak konferensi internasional seperti G20, ATF, AVPN Global Conference, hingga 8th Destination Wedding Planner Congress. Belum lagi pameran-pameran internasional yang sudah sukses dilaksanakan secara luring dan dihadiri oleh peserta2 dari negara lain.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dalam acara pembukaan “Sales Mission”, di Hilton Hotel Guangzhou, Tiongkok, Senin (17/4/2023).

Untuk tahun 2023, Indonesia juga kembali dipercaya menjadi tuan rumah acara MICE internasional seperti KTT ASEAN, JCI Asia Pacific Congress, hingga World Tourism Network. 

“Keberhasilan ini meningkatkan kepercayaan diri untuk pemulihan pariwisata dan menarik lebih banyak wisatawan untuk datang ke Indonesia, terutama wisata bisnis,” kata Vinsensius.

Misi penjualan kali ini untuk menguatkan kembali sektor MICE (meetings, incentives, conferences, and exhibitions) Indonesia ke pasar Tiongkok.

Pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang sangat pesat menjadikan Tiongkok pasar yang sangat potensial untuk digarap untuk mendatangkan wisatawan bisnis baik itu untuk tujuan incentive group dari perusahaan-perusahaan di Tiongkok maupun untuk partisipasi pada pameran-pameran di Indonesia.

Karenanya, Vinsensius mendorong para pelaku pariwisata Tiongkok untuk mengeksplorasi serta lebih meningkatkan peluang bisnis dan menjalin kemitraan di Indonesia.

Indonesia dan Tiongkok belum lama ini sudah membuka penerbangan langsung. Di antaranya penerbangan langsung dari Guangzhou ke Jakarta oleh China Southern Airlines dan Garuda Indonesia. Dan Shenzhen ke Jakarta oleh China Southern Airlines.

“Penerbangan langsung ini memudahkan wisatawan untuk terhubung ke kota-kota besar di Indonesia seperti Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, yang merupakan tujuan favorit untuk MICE,” ujar Vinsen.

Sales Mission sendiri berlangsung di dua lokasi berbeda. Yakni Guangzhou pada 17 April 2023 dan Shenzhen pada 19 April 2023. Sales Mission ini mempertemukan para pelaku industri MICE Indonesia dengan 65 buyers dari Guangzhou dan Shenzhen. (SP). ***

RELATED NEWS