Tarian Dero Meriahkan HUT Paguyuban Nagekeo, Batam

redaksi - Senin, 04 September 2023 08:52
Tarian Dero Meriahkan HUT Paguyuban Nagekeo, BatamSalah satu peserta atraksi Dero di HUT Nagekeo, Batam, Sabtu (3/9). (sumber: Rofin)

BATAM (Floresku.com) - Dero adalah salah satu tarian adat asal Nagekeo yang mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta bentuk kerukunan dan toleransi yang penuh rasa kekeluargaan.

Semarak perayaan HUT Paguyuban Nagekeo Batam, Sabtu (2/9), dimeriahkan dengan tarian Dero yang dipentaskan oleh anak-anak Nagekeo Batam. 

Hal ini dilakukan guna melestarikan dan mempertahankan budaya Nagekeo, salah satunya memperkenalkan tarian ini kepada anak-anak.

Putri, salah satu peserta tari dari Komunitas Sa Ate, yang sekarang masih duduk di bangku SMK, mengaku punya rasa ingin tahu yang tinggi terhadap kebudayaan Nagekeo, termasuk belajar tentang tarian.

'Aku suka belajar tari, apalagi kedua orangtuaku berasal dari Nagekeo. Selain Dero, aku jg masih mau belajar tarian adat yang lain', ungkap Putri.

Menurut Putri, meski sudah menetap dan menjadi warga Batam, orang tua mestinya selalu mendorong anak-anak mereka untuk terus mempelajari tradisi dan kebudayaan Nagekeo, termasuk soal tarian adat.

'Bapak dan mama saya asal Nagekeo, mereka selalu ingin agar saya terus belajar tentang budaya orang NTT, khususunya Nagekeo'.

Senada dengan Putri, pada kesempatan yang sama setelah pentas Dero Kreasi kategori anak untuk menyemarakan HUT Nagekeo Batam, Alves dan Keny yang masih duduk di bangku SD juga mengaku sangat bersemangat bisa membawakan tarian bersama teman-temanya.

'Kami senang bisa menari Dero, bisa pentas hari ini. Kami latihan selama 5 Minggu. Kami dilatih oleh kakak Roslin, Anita, dan Veni. Hari ini kami menari mewakili Komunitas Sa Ate'.

Menurut Keny dan Alves, ada beberapa hal yang memotivasi mereka untuk lebih serius dalam latihan menari. 

Selain ingin menjadi juara dalam lomba, lebih penting dari itu adalah menjaga kelesetarian budaya orang Nagekeo, khususunya memperkenalkan jenis tarian kepada anak-anak.

'Kami latihan sangat serius supaya bisa juara. Dengan pentas ini kami jadi makin tau tentang Nagekeo', imbuh Keny dan Alves.

HUT Nagekeo Batam 2 September 2023 di Lapangan Tunas Regensi, Sagulung, juga dimeriahkan oleh tarian adat Gampang Hala  Lembata, Gawi Ende Lio, Jai Ngada, dan Tarian dari Sikka. (Rofin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS