Tiga Pasien Covid-19 Yang Diambil Paksa dari RSUD TC Hillers Maumere Akhirnya Meninggal, RIP

redaksi - Minggu, 25 Juli 2021 13:01
Tiga Pasien Covid-19 Yang Diambil Paksa dari  RSUD TC Hillers Maumere Akhirnya Meninggal, RIPPasien Covid-19 di RSUD TC Hillers Maumere, Flores (sumber: Istimewa)

MAUMERE (Floresku.com) - Tiga pasien Covid-19 yang diambil paksa oleh keluarganya akhirnya meninggal di rumahnya masing-masingJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, dr Clara Francis, menjelaskan tiga pasien itu sebenarnya mempunyai indikasi untuk dirawat di rumah sakit (RSUD TC.Hillers Maumere, red). Namun, keluarga mereka memaksa untuk pulang ke rumah.

“Pasien isolasi mandiri di Sikka yang meninggal ada tiga, dua diantaranya sudah dirawat di rumah sakit, tetapi mereka paksa pulang ke rumah,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, dr Clara Francis sebagaimana dilansir merdeka.com, Sabut (24/7).

Menurut Clara, dua orang pasien diambil dan dibawa pulang oleh keluarga, sementara satu pasien lainnya menolak untuk dirawat di rumah sakit oleh tim medis.

“Yang meninggal di rumah tetap dikuburkan secara protokol kesehatan melalui bagian penindakan di satgas,” jelasnya.

Clara menjelaskan, sebenarnya ketiga pasien isolasi mandiri yang meninggal tersebut kriterianya sudah berat. Bahkan satgas juga sudah memberikan edukasi untuk tetap dirawat di rumah sakit, tetapi keluarga tetap memaksa untuk dibawa pulang ke rumah.

Masih menurut Clara, ada sejumlah pasien isolasi mandiri dengan indikasi awal berat, namun setelah keluarga menghubungi tim satgas dan menjemput pasien dengan aman.

Sejauh ini, masih ada masyarakat yang menolak untuk dibawa ke lokasi karantina terpusat, dan rumah sakit pasca-terpapar Covid-19. Namun setelah diberikan penjelasan oleh satgas, mereka mau untuk menjalani isolasi terpusat atau rumah sakit.

“Boleh karantina mandiri jika gejala ringan. Jika dalam perjalanan isolasi mandiri itu mengalami perburukan, keluarga bisa menghubungi satgas dan itu langsung dijemput. Kemarin dijemput ada dua orang, kita dapat telepon dari keluarga langsung ke lokasi dan jemput antar ke rumah sakit. Itu garis koordinasinya,” tutupnya.

Untuk diketahui, jumlah pasien yang menjalani isolasi mandiri di Kabupaten Sikka saat ini berjumlah 625 orang. Jumlah pasien positif sebanyak 734, tiga diantaranya telah meninggal dunia.  (IG)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS