Tim Bebas Pasung Kuwus Mengunjugi Melania, ODGJ 27 Tahun di Kampung Ker

redaksi - Selasa, 07 September 2021 20:02
Tim Bebas Pasung Kuwus Mengunjugi Melania, ODGJ 27 Tahun di Kampung KerTim Bebas Pasung Golowelu ketika berkunjung ke Kampung Ker, Selasa (7/9) (sumber: Tedy)

GOLOWELU (Floresku.com) - Tim Bebas Pasung Golowelu yang terdiri dari Pemerintah Kecamatan Kuwus, Puskesmas Golowelu, Kapolsek Kuwus dan Babinsa Kecamatan Kuwus mengunjugi Melania, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berumur 27 tahun di Kampung Ker, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa, 07 September 2021.

Camat Kuwus, Fransiskus Male menyampaikan kepada media ini bahwa kegiatan kunjugan ODGJ merupakan kegiatan rutin yang dilakukan secara kolaboratif. Dalam hal ini, pihak pemerintah Kecamatan Kuwus memberikan sembako kepada ODGJ, sedangkan pihak puskesmas menyuplai bagian obat-obatan.

Melania, ODGJ 27 Tahun di Kampung Ker (Foto: Tedy N)

Lebih lanjut, Male berharap agar upaya bebas pasung terhadap ODGJ ini menjadi pekerjaan bersama. Terlebih khusus dalam hal ini yang mempunyai peran penting yaitu Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami sangat berharap bahwa upaya bebas pasung terhadap ODGJ ini menjadi pekerjaan bersama, di mana kita saling bahu membahu dengan cara kita masing-masing untuk terus beruapaya agar saudara-saudara kita yang terpasung karena gangguan jiwa bisa bebas. Selain itu, kita juga merasa kasihan dengan keluarga yang urus, mereka tidak bisa kerja yang lain selain fokus urus ODGJ," ujarnya.

Frans Male juga menerangkan bahwa Melania yang dikunjungi pada hari ini bukan dipasung, tapi dirumahkan tersendiri. 

Pada saat yang sama, Kepala Puskemas Golowelu, Yoseph Sudi menyampaikan bahwa kunjungan ODGJ ini merupakan agenda rutin Puskesmas Golowelu.

“Ini kegiatan rutin dari Puskesmas Golowelu. Kami punya target agar ODGJ  yang berjumlah 32 orang di seluruh wilayah kerja Puskesmas Golowelu harus sembuh dan bebas dari pasungan. Namun, satu kewalahan kami di Puskesmas Golowelu yaitu kekurangan obat untuk diberikan kepada ODGJ”, kata Yoseph. (Tedy N)

RELATED NEWS