Ukraina Menyambut Paskah dengan Kejatuhan Bakhmut

redaksi - Sabtu, 08 April 2023 12:41
Ukraina Menyambut Paskah dengan Kejatuhan BakhmutSituasi di Kota Bakmut, Ukraina (sumber: www.vaticannews.va)

KIEV (Floresku.com) -Ukraina telah mengakui bahwa Rusia memusatkan semua upayanya untuk merebut kota timur Bakhmut menjelang Paskah.

Militer Ukraina mengaku menghadapi kesulitan besar pada Jumat Agung ini, dengan Rusia memusatkan semua upayanya untuk merebut kota timur Bakhmut.

Di antara tentara Ukraina yang berusaha bertahan hidup adalah Trokhymet Romawi.

Dia telah hidup melalui pertempuran di parit, mirip dengan Perang Dunia sebelumnya. "Saya berada di posisi garis depan dekat Bakhmut bersiap-siap untuk menyingkirkan penjajah dengan senjata ini," katanya dalam pesan video. 

"Ada senapan mesin besar ini dan sayangku, senapan sniperku," tambahnya saat pertempuran terjadi di dekatnya. "Jadi kami melanjutkan perjuangan kami untuk kebebasan. Dan saya akan melanjutkan."

Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak mengesampingkan bahwa tentara seperti Trokhymet Romawi akan ditarik jika mereka berisiko dihentikan dengan menyerang pasukan Rusia.

 “Bagi saya, [hal] yang paling penting adalah tidak kehilangan tentara kami,” katanya kepada wartawan.

"Dan tentu saja, jika ada momen peristiwa yang lebih sulit, dan bahaya kita bisa kehilangan personel karena pengepungan, tentu saja, keputusan yang tepat akan diambil oleh para jenderal di sana," tegas Zekensky.

Komando Militer Timur Ukraina mengatakan bahwa Moskow memiliki keberhasilan taktis di beberapa tempat tetapi membayar mahal untuk itu, mengacu pada banyak tentara yang tewas dan terluka.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pasukan Rusia "kemungkinan besar telah maju ke pusat kota [Bakhmut] dan telah merebut Tepi Barat Sungai Bakhmutka. Ia memperingatkan bahwa rute pasokan utama Ukraina ke barat kota kemungkinan besar terancam."

Namun ketika bentrokan berlanjut, menteri luar negeri Rusia Sergei Lavrov menjelaskan bahwa Moskow menginginkan pembicaraan damai untuk mengakhiri konflik bersenjata di Ukraina tidak hanya jika mereka fokus pada menciptakan "tatanan dunia baru."

Berbicara di Turki, Lavrov tidak mengesampingkan pertemuan tatap muka dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di markas besar PBB di New York jika ada "proposal serius."

Rusia mengatakan sedang memimpin perjuangan melawan dominasi AS di seluruh dunia dan berpendapat bahwa serangan Ukraina adalah bagian dari perjuangan itu.

Pembicaraan perdamaian yang diusulkan datang ketika militer AS sedang menyelidiki kemungkinan pelanggaran keamanan setelah rincian tentang rencana dari Amerika Serikat dan aliansi militer NATO untuk membantu Ukraina dengan serangan musim semi terhadap Rusia bocor di media sosial. (Silvia/Sumber:www.vaticannews.va). ***

RELATED NEWS