Umat Katolik Amerika Serikat Sumbang 3,56 Juta Dolar AS Untuk Gereja Eropa Tengah dan Timur

redaksi - Minggu, 11 Juli 2021 20:06
Umat Katolik Amerika Serikat Sumbang 3,56 Juta Dolar AS Untuk Gereja Eropa Tengah dan TimurMgr. Jeffrey Monforton dari Steubenville, Amerika Serikat (sumber: AFC)

VATICAN (Floresku.com) - Subkomisi Bantuan dari Konferensi Waligereja Amerika Serikat atau United States Conference of Catholic Bishops (USCCB) memberikan bantuan kepada Gereja Katolik di negara-negara ‘Tirai Besi’ di kawasan Eropa Tengah dan Timur, melalui dana yang dihimpun dari kemurahan hati umat beriman Amerika Serikat.

"Pada Juni 2021, Gereja Katolik Amerika Serikat  memberikan 208 hibah bagi 23 negara di Eropa yang berjuang untuk pulih dari penganiayaan agama selama bertahun-tahun.
Beberapa keuskupan Katolik yang berjuang untuk pulih dari penganiayaan selama beberapa dekade di Eropa Tengah dan Timur akan menerima dukungan untuk pelayanan dan penjangkauan sebesar $3,56 juta dari kemurahan hati umat Katolik Amerika dan pengumpulan tahunan untuk Gereja di Eropa Tengah dan Timur diambil setiap musim dingin," demikian tulis vaticannes.com, belum lama ini.

Suasana di sebuah gereja Katolik di Albania (Sumber: Vaticannews.va)

Iman tetap hidup meski ada tantangan
“Umat Katolik di Eropa Tengah dan Timur menjaga iman tetap hidup di masa-masa tergelap, dalam bahaya besar bagi diri mereka sendiri, dan berusaha untuk mewariskan iman yang sama kepada anak-anak mereka,” kata Uskup Jeffrey Monforton dari Steubenville, ketua subkomite dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir situs USCCB.

Subkomite USCCB mendanai proyek di 23 negara untuk membangun kapasitas pastoral Gereja dan untuk membangun kembali dan memulihkan iman di negara-negara Eropa Tengah dan Timur. Banyak dari mereka telah menghadapi satu abad kesulitan di bawah rezim komunis yang menindas di mana agama dan praktik keagamaan dianiaya secara terbuka. Bertahun-tahun setelah jatuhnya komunisme di wilayah tersebut, negara-negara ini masih bekerja untuk membangun kembali struktur politik, ekonomi, dan kehidupan keagamaan mereka.

Uskup Monforton menggarisbawahi bahwa umat Katolik yang memberikan koleksi tahunan “menjangkau dengan kasih untuk membantu saudara dan saudari mereka yang sangat menderita karena iman mereka dan membantu generasi baru untuk tumbuh secara rohani dalam keadaan yang sangat sulit.”

Melalui karunia-karunia ini, ia menambahkan, “paroki sedang diperbarui, pelayanan sosial yang kritis sedang berlangsung, dan ikatan cinta terbentuk di antara umat Katolik di belahan dunia yang berlawanan.”

Beberapa proyek didukung
Di antara proyek-proyek yang didukung oleh 208 hibah termasuk membantu pendeta dan pembaca awam menanggapi kebutuhan spiritual dengan merevitalisasi kehidupan paroki di Republik Ceko, dan menyediakan dana untuk katedral dan pusat pastoral di Bishkek, ibu kota Kirgistan.

Hibah juga akan digunakan untuk mempromosikan pelayanan pro-kehidupan di lima negara yaitu:

 Di Albania,  dana hibah akan dipakai untuk melatih pembaca awam untuk membangun kembali budaya kehidupan yang berakar pada hubungan yang sehat, cinta untuk keluarga dan pemahaman yang lebih dalam tentang seksualitas. 

Di Georgia, dana hibah akan  memberikan dukungan langsung untuk wanita hamil dan orang tua baru. Sebuah universitas Katolik Rumania, rumah sakit, sekolah, pelayanan sosial dan pelayanan lainnya akan menggunakan hibah untuk mempromosikan rasa hormat terhadap kehidupan, keluarga yang kuat dan keluarga berencana alami.

Hibah juga akan digunakan untuk mendukung pusat sumber daya kehamilan yang dikelola dengan psikolog profesional dan pekerja sosial di Slovakia, dan di Slovenia, Gereja akan menawarkan pendidikan kepada berbagai kelompok usia tentang seksualitas yang sehat.

“Pemberian umat Katolik di sini di AS kepada saudara dan saudari mereka di Eropa Tengah dan Timur akan menyelamatkan nyawa, membantu orang menemukan Yesus, dan memungkinkan Gereja yang muncul dari katakombe untuk memberikan kesaksian tentang kuasa Kebangkitan,”  ujar Uskup Monforton.

RELATED NEWS