UNICEF: Krisis Iklim Secara Tidak Proporsional Memengaruhi Anak-anak di Asia Timur-Pasifik

redaksi - Kamis, 25 Mei 2023 19:57
UNICEF: Krisis Iklim Secara Tidak Proporsional Memengaruhi Anak-anak di Asia Timur-PasifikFoto Kepulauan Marshall di Pasifik (sumber: Eric Sales/ADB)

MANILA (Floresku.com)- Anak-anak di Asia Timur dan Pasifik menghadapi lebih banyak bahaya terkait lingkungan karena kejadian cuaca ekstrem di wilayah tersebut meningkat secara signifikan selama lima dekade terakhir, ungkap laporan UNICEF.

Perubahan iklim telah mendorong wilayah Asia Timur dan Pasifik ke ambang kerusakan yang tidak dapat diperbaiki karena bahaya iklim dan lingkungan telah meningkat selama lima dekade terakhir, menurut laporan regional baru-baru ini dari UNICEF.

Anak-anak paling terpengaruh oleh peningkatan peristiwa cuaca ekstrem, menghadapi bencana terkait iklim enam kali lebih banyak daripada kakek-nenek mereka. 

Selama 50 tahun terakhir, wilayah tersebut mengalami peningkatan banjir 11 kali lipat, badai empat kali lipat, kekeringan dua kali lipat, dan tanah longsor lima kali lipat, kata laporan itu.

Menurut laporan itu, lebih dari 210 juta anak sangat terpapar angin topan, 140 juta kekurangan air, 120 juta banjir pesisir, dan 460 juta polusi udara.

“Situasi anak-anak di kawasan Asia Timur-Pasifik mengkhawatirkan. Krisis iklim mempertaruhkan hidup mereka, membuat mereka kehilangan masa kecil dan hak untuk bertahan hidup dan tumbuh,” kata Debora Comini, Direktur Regional UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik.

Selain itu, bahaya iklim ini memperburuk ketidaksetaraan yang sudah ada karena bahaya membuat lebih sulit bagi anak-anak yang kurang beruntung karena kemiskinan untuk mengatasi dampaknya. Mereka juga lebih mungkin menghadapi beberapa bahaya yang paling cepat tetapi memiliki sarana paling sedikit untuk melindungi diri dari risiko ini, kata UNICEF.

Namun, laporan tersebut mengungkapkan bahwa ini mungkin hanya permulaan karena anak-anak yang berusia 10 tahun atau lebih muda pada tahun 2020 diproyeksikan mengalami peningkatan hampir empat kali lipat dalam kejadian ekstrem di bawah 1,5°C pemanasan global pada tahun 2100, dan a peningkatan lima kali lipat di bawah 3°C pemanasan global.

Uskup Filipina menyerukan tindakan 'serius' melawan krisis iklim dann 'kerusakan yang tidak dapat diperbaiki'

“Perubahan iklim telah mendorong kawasan Asia Timur dan Pasifik melewati titik kritis kerusakan yang tidak dapat diperbaiki,” kata laporan itu.

Wilayah ini adalah salah satu yang paling terpengaruh oleh guncangan dan tekanan yang tumpang tindih saat suhu global meningkat, menyebabkan perubahan pola cuaca dan degradasi satwa liar. Ini kemudian diperburuk oleh bahaya non-iklim seperti pandemi COVID-19.

“Guncangan iklim ini semakin sering terjadi dan berinteraksi dengan guncangan non-iklim seperti pandemi COVID-19 dan krisis biaya hidup, antara lain, menciptakan efek pengganda dan dampak berjenjang di seluruh wilayah, yang mengarah ke 'polikrisis' – sebuah situasi dengan beberapa guncangan yang hampir bersamaan dengan saling ketergantungan yang kuat,” ungkap laporan tersebut.

UNICEF mendesak pemerintah, bisnis, dan donor untuk berinvestasi dalam membangun layanan sosial yang tanggap iklim, termasuk pendidikan, perawatan medis, bantuan air dan sanitasi, dan sistem peringatan dini.

“Kami membutuhkan tindakan mendesak dan kolektif dari pemerintah, bisnis, dan donor untuk mengatasi beberapa tantangan utama dalam manajemen risiko bencana dan menerapkan layanan cerdas iklim sehingga anak-anak dapat tumbuh di lingkungan yang aman dan sehat,” seru Direktur Regional UNICEF.

Polusi dan penggundulan hutan adalah salah satu tantangan perubahan iklim dan lingkungan yang mengancam pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi kawasan Asia-Pasifik Timur, dengan konsekuensi jangka panjang yang tidak dapat diubah bagi kehidupan dan penghidupan anak-anak dan remaja.

RELATED NEWS