Unipa Maumere Mewisuda 546 Mahasiswa dari 17 Program Studi

redaksi - Selasa, 10 Oktober 2023 14:23
Unipa Maumere Mewisuda 546 Mahasiswa dari 17 Program StudiSuasana Upacara Wisuda di Unipa, Selasa (10/10). (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Universitas Nusa Nipa(Unipa) mewisuda sebanyak 546 mahasiswa dari 17 program studi di lingkungannya.

Upacara Wisuda dipimpin oleh Rektor Universitas Nusa Nipa Dr.Ir. Angelinus Vincentius, M.Si yang bertempat di Aula Nawacita Universitas Nusa Nipa,Selasa (10/10).

Gelaran ini mengusung tema "Terus Melaju,Maju Kita" sebagaimana tema yang digunakan dalam perayaan HUT RI ke-78.

Sebagian dari wisudawan Unipa, dalam Upacara Wisuda pada Selasa (10/10). ( Foto: Mardat)

Maknanya adalah semangat Universitas Nusa Nipa untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan SDM, tanpa kenal menyerah di hadapan segala rintangan yang di hadapi.

Menurut Rektur Angelicus,  Unipa bersama seluruh mitra terkait, harus tetap maju dan bergerak ke depan dalam membangun negeri ini.

Tema ini mencerminkan semangat pantang menyerah dan tekad untuk turut serta memajukan bangsa dan negara.

Untuk semua kemajuan yang telah di capai Unipa, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada orang tua/wali yang telah mempercayakan putra-putri terbaiknya untuk mengenyam pendidikan di Unipa.

Lebih lanjut Rektor Unipa menjelaskan hingga usianya yang ke-18 sekarang, telah menghasilkan 7.794 orang lulusan meliputi jenjang Sarjana, Profesi maupun Diploma. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UNIPA kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

" Wisuda bukanlah purna tugas untuk berhenti belajar, justru Anda harus terus belajar agar Ilmu yang sudah Anda dapatkan di kampus ini akan tetap terasah, ibarat Obor yang terus dijaga agar tetap bernyala", ucap Rektor Angelicus.

Belajar adalah aktivitas berpikir dengan dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan kehalusan budi, yang diniatkan untuk membantu masyarakat dalam memecahkan masalah dan tantangan kehidupan yang semakin kompleks.

Satu paket curriculum sudah Anda selesaikan, artinya anda telah menyelesaikan sebuah perhelatan lari di sebuah lintasan, dan hari ini adalah ujung atau garis finish dari lintasan itu.

Curriculum berasal dari bahasa Yunani yaitu curee atau courir, artinya berlari, yaitu berlari melintasi setiap tahapan kebisaan atau kompetensi. 

Dan hari ini lengkap sudah kompetensi anda sebagai seorang Sarjana. Namun sekali lagi, kurir anda tidak boleh terhenti, karena anda harus melengkapi kompetensi anda untuk pencapaian berikutnya, sehingga anda mempunyai Curriculum Vitae yang indah.

Ketatnya persaingan dalam semua aspek kehidupan dewasa ini membuat kita harus mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan, memiliki life skill, kejujuran, mengembangkan personal branding, memantapkan communication skills, dan mengasah creative thinking

Sebagai generasi millineal berkarakter diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan akses pekerjaan baru yang tidak dikenal sebelumnya dengan berbagai teknologi digital.

Anda sebagai Alumnus UNIPA, merupakan representasi UNIPA di masyarakat. Perilaku Saudara di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini.

Hendaknya Anda selalu menjunjung tinggi nama baik almamater UNIPA dengan penuh integritas, berkomitmen, serta dapat memberikan feedback yang positif kepada almamater.

Rektor Universitas Nusa Nipa Dr.Ir. Angelinus Vincentius,M.Si juga menjelaskan" Universitas Nusa Nipa kini mengelola 22 program studi, yang terdiri dari 21 program sarjana dan 1 program pendidikan profesi. Untuk dapat meraih visinya, yakni “menjadi universitas yang berkualitas, berkarakter, unggul dan berkiprah nasional.

” UNIPA sangat membutuhkan dukungan pihak-pihak pentahelix, yaitu unsur pemerintah, dunia usaha dunia industri (DUDI), masyarakat atau komunitas, dan media massa yang berkolaborasi bersama UNIPA serta berkomitmen untuk mencapai tujuan yang sama", tandasnya.

Dia menambahkan, menghadapi persaingan yang sangat kompetitif dewasa ini, maka Universitas Nusa Nipa terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah, melalui Kemendikbud-ristek RI dan LLDIKTI Wilayah XV yaitu tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan. (Mardat). ***

RELATED NEWS