Vikjen Keuskupan Agung Ende RD Yosef Daslan Moang Kabu Ditunjuk sebagai Administrator Diosesan

redaksi - Senin, 27 November 2023 11:32
Vikjen Keuskupan Agung Ende RD Yosef Daslan Moang Kabu  Ditunjuk sebagai Administrator Diosesan (sumber: null)

ENDE (Floresku.com - Dewan Kanselarius resmi menunjuk Vikjen Keuskupan Agung Ende RD Yosef Daslan Moang Kabu sebagai Administrator Diosesan. 

Tugas baru ini  disampaikan Kanselarius Keuskupan Agung Ende RD Yohanes Stefanus Lando, Jumat (24/11) malam melalui saluran YouTube Komsos Keuskupan Agung Ende. 

 “Dalam terang Roh Kudus dan dalam tuntunan kitab hukum kanonik tahun 1983, telah dipilih seorang Imam terkasih, RD Yosef Daslan Moang Kabu sebagai Administrator Diosesan KAE,” demikian RD Yohanes Stefanus Lando. 

RD Yohanes Stefanus Lando mengumumkan penetapan RD Yosef Daslan Moang Kabu sebagai Administrator Diosesan KAE Keputusan ini, lanjut dia, telah disampaikan kepada YM Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Mgr Pierro Pioppo melalui Sekretariat Nuncius. 

Dia menambahkan berdasarkan petunjuk dari YM Duta Vatikan, maka disampaikan bahwa nama Administrator Diosesan tidak disebutkan dalam perayaan ekaristi kudus. Dia menegaskan hanya mereka yang memiliki martabat eposkopal yang disebutkan. Untuk itu para klerus boleh menyebutkan dengan rumusan bersama para Uskup. 

 “Kami meminta doa restu dari para klerus, kaum religius dan segenap umat beriman Keuskupan Agung Ende bersatu dalam doa,”  demikian RD Yohanes Stefanus Lando. 

Vikjen Keuskupan Agung Ende RD Yosef Daslan Moang Kabu, hadir langsung saat pengumuman Dewan Kanselarius. 

“Dengan penuh kerendahan hati, dan dalam kesadaran akan kelemahan dan keterbatasan saya, saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Saya yakin ini kepercayaan dari Allah sendiri melalui pemilihan dan penetapan oleh Dewan Konserius KAE yang dilaksanakan dalam bimbingan Roh Allah,” ujar Imam asal Kecamatan Koting Kabupaten Sikka itu. 

RD Yosef Daslan Moang Kabu mengaku amat sadar bahwa kepercayaan dan  tanggung jawab sebagai Administrator Diosesan sangat berat.  “Tetapi saya tidak sendirian,” ujar dia. 

RD Yosef Daslan Moang Kabu menyebut ada rekan-rekan Imam dan Biarawan Biarawati, ada Pastor Paroki, Kuasi Paroki dan seluruh DPP-nya, ada perangkat pastoral mulai dari tingkat Keuskupan sampai KUB, ada perangkat pusat pastoral Keuskupan Agung Ende bersama komisi-komisi dan lembaga, seluruh umat Keuskupan Agung Ende, dan dalam kolaborasi yang memerintah dan seluruh organisasi masa Gereja-nya dan kemasyarakatan. 

RD Yosef Daslan Moang Kabu mengajak semua pihak bersama-sama bergandengan tangan, satukan hati untuk tetap berada dalam gerakan bersama, satu semangat, satu roh, satu komitmen untuk melaksanakan karya pelayanan dan pewartaan  serta seluruh reksa pastoral Keuskupan Agung Ende, teristimewa apa yang menjadi buah dalam Muspas VIII KAE.

Dia mengajak untuk bertekad melanjutkan apa yang sudah dimulai bersama Mgr Vincentius Sensi Potokota. “Saya mengajak kita semua untuk terus berjalan bersama hingga hadirnya seorang Uskup baru bagi Keuskupan Agung Ende,” ajak dia lagi. Dia meyadari langkah dan perjalanan mewujudkan tekad itu tidak mudah. 

“Tetapi Tuhan pasti membantu seluruh perjuangan kita, dan saya yakin Mgr Vincentius Sensi Potokota juga akan membantu kita. “Bapa Uskup Sensi, doakan kami,” tegas  dia. 

 

Editor: MAR

RELATED NEWS